• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Channel Youtube Guru Yang Digunakan Untuk PJJ

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekararang ini, penting sekali bagi sekolah dan orangtua untuk bekerja sama dalam melakukan aktivitas belajar dan mengajar di rumah. Tidak mudah untuk mendampingi anak belajar di rumah tanpa ada guru. Menjadikan Teach From Home lebih bermanfaat, guru dituntut untuk kreatif untuk memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik, salah satunya adalah media youtube.

 

Begitu juga yang dilakukan para guru SMA Plus Negeri 17 Palembang, elain dengan media yang lebih dulu digunakan seperti berbagai Platform Learning Management System (LMS), mereka juga memanfaatkan media youtube sebagai sarana kreatif dalam memberikan penjelasan kepada peserta didiknya. Karena bedasar pengalaman di semester lalu yang memang sudah menerapkan pembelajaran jarak jauh, dirasa media youtube memiliki banyak keunggulan. Seperti pelajaran-pelajaran yang sulit untuk dipelajari sendiri tanpa adanya penjelasan, video penjelasan guru di youtube dapat diunduh dan diputar ulang sehingga lebih dipahami.

Dengan menggunakan media youtube berarti para guru juga belajar menjadi youtuber, dengan segala keterbatasan namun tidak nenyurutkan semangat untuk tetap berkarya. Sampai dengan saat ini tercatat sekitar 12 guru yang aktif menggunakan media youtube untuk pembelajaran dengan konten yang terus bertambah tiap harinya.

 

Kumpulan channel youtube guru SMA  Plus Negeri 17 Palembang yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh dengan peserta didik:

Matematika: Math Class bersama Guru Udni

https://www.youtube.com/channel/UCo9Lq3qGmjIaYWdskWxzK5g

 

Matematika: Miss Mike D Kinasih

https://www.youtube.com/channel/UCKMIdjWXLfZmwwS0XYp2xgQ

 

PPKn: Alpian Irama

https://www.youtube.com/channel/UCn2CKfNAY-O92TZIOHQhqFg

 

Kimia: Reni official

https://www.youtube.com/channel/UCvwYjdDUBCMUA26T2iYhBQw

 

Kimia: Wyd Ali

https://www.youtube.com/channel/UCQ0GJKLi7-QRDGS9L-7JO2g

 

Kimia: I Gede Mendera

https://www.youtube.com/channel/UCP_hYNjbCiaLWzii-qSeKNw

 

Biologi: Ria Wilastri

https://www.youtube.com/channel/UC3euiurHRSbPgZrZ5_e0fJQ

 

Fisika: Fitri Wulandari

https://www.youtube.com/channel/UC7_JkiGrnmGffpBHA9uiJDA

 

Sejarah: dadan heru

https://www.youtube.com/channel/UCR74FV73sh3LxTcUCpwX9UQ

 

Pendidikan Agama Islam: muhammad nur wahyudi

https://www.youtube.com/channel/UCp1o-hY3cR31dqv0h45WJ5w

 

Bahasa Jepang: Wahyu Indah Purnamasari

https://www.youtube.com/channel/UCOJOZRag3GapJa7VZbBvgMA

 

Geografi: Geo17

https://www.youtube.com/user/psisalaska

 

 

Dan Alhamdulillah bapak Kepala sekolah sangat mendukung apa yang dilakukan para guru kreatif tersebut. Karya-karya yg luar biasa dan penuh kreativitas. “Terima kasih banyak atas kinerja yg sangat baik dari Ibu/Bpk Guru semua. Tetap semangat dan terus berinovasi yg terbaik”, kometarnya di video youtube sekolah. Kreativitas seorang guru dalam meningkatkan proses pembelajaran menjadi hal yang diperlukan untuk mengoptimalkan kompetensi peserta didik karena peserta didik yang hebat ditumbuhkan oleh guru yang hebat.