• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Dirgahayu Republik Indonesia ke-75

Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini berbeda dari biasanya, karena masih dalam masa pandemi virus Covid-19. Kegiatan yang menyebabkan keramaian atau pengumpulan massa ditiadakan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.  Tidak ada upacara bendera, lomba-lomba, yang biasa digelar di seluruh penjuru Indonesia termasuk SMA Plus Negeri 17 Palembang.

 

Namun demikian, antusias masyarakat Indonesia yang ingin melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, pada tanggal 17 Agustus disikapi pemerintah dengan himbauan untuk mengikuti upacara secara virtual dan live streaming melalui media elektronik. Dan alhamdulillah, upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan yang berlangsung dengan khidmat pada hari senin ini dipimpin langsung oleh inspektur upacara Bapak Presiden RI di istana negara dapat berjalan lancar termasuk semua warga negara Indonesia yang mengikuti jalannya peringatan melalui media elektronik.

Peringatan 17 Agustus ini memiliki arti yang penting bagi bangsa Indonesia tidak hanya sekedar mengenang perjuangan para pahlawan dalam mewujudkan kemerdekaan, tetapi mengingatkan kembali kepada kita mengenai hal-hal yang telah dilakukan saat mengisi kemerdekaan tersebut serta mendorong semangat untuk mengambil langkah yang lebih baik guna mewujudkan apa yang dicita-citakan oleh para pejuang yaitu menciptakan masyarakat yang adil, makmur, aman dan sejahtera serta Indonesia Maju.

Tema besar peringatan hari kemerdekaan yang disampaikan Sekretariat Negara Republik Indonesia tahun ini adalah "Indonesia Maju". Sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia.

Makna kemerdekaan saat ini bukan hanya sebagai kata, kemerdekaan adalah kesempatan. Kesempatan untuk bermimpi hingga jadi nyata dan kesempatan untuk berkarya tanpa batas. Kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia tertuang dalam logo resmi 75 tahun peringatan 17 agustus tahun ini.

Sekarang saatnya kita fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa Indonesia. Guna menciptakan kesatuan bagi seluruh rakyat Indonesia dan juga sebagai pondasi bagi negara untuk bisa menghadapi persaingan global.

Kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SMA Plus Negeri 17 Palembang sudah direncanakan oleh pihak kesiswaan dengan berbagai macam lomba yang dilaksanakan secara virtual, antara lain lomba poster digital, lomba puisi, lomba vocal grup dan lomba video pendek. Lomba lomba tersbut mempertandingkan kreativitas antar kelas mulai besok seasa sampai rabu (18-19/08). Kegiatan ini untuk memeriahkan HUT RI ke 75 dalam rangka menghormati jasa jasa para pejuang kemerdekaan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan yang kita nikmati saat ini. DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA