• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 7.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2019

Hari ini, seperti halnya setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas. Seluruh warga SMA Plus Negeri 17 Palembang juga merayakannya dengan mengadakan upacara bendera mulai pukul 6.40. Kegiatan tersebut berlangsung tertib dan khidmat dipimpin oleh Pembina upacara Bapak Drs. Agus Budianto, M.M.

 

Hari Pendidikan Nasional yang ditetapkan pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara sang pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa. Beliau dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

Tema yang dipilih pada peringatan Hardiknas 2019 ini, yakni Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan.

Diharapkan hadir banyak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas guna mewujudkan Indonesia yang maju. Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan SDM menekankan dua penguatan yakni pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan,

Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat. Saat ini peserta didik kita didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital, demikian isi dari pidato Mendikbud dalam peringatan Hardiknas tahun 2019 ini.

Kaitannya SDM maka Kemendikbud di sektor terdepan, khususnya di sektor pendidikan, tidak ada pilihan lain kita terus kerja keras, untuk pemerintahan selanjutnya, sehingga apa yang dicita-citakan untuk Indonesia besar dan maju bisa terwujud