“DENGAN DISIPLIN, KOMITMEN DAN TANGGUNG JAWAB, SERTA SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN DAN SANTUN KITA WUJUDKAN PELAYANAN PRIMA”

Statistik

Anggota : 19
Konten : 537
Web Link : 17
Jumlah Kunjungan Konten : 1015046
Home Berita IHT Pengembangan RPP Berbasis 4C
IHT Pengembangan RPP Berbasis 4C
Jumat, 04 Agustus 2017 14:35

Sebagai rangkaian dari kegiatan SMA Rujukan Nasional 2017, SMA Plus Negeri 17 Palembang mengadakan In House Training (IHT) “Pengembangan RPP K13 Berbasis 4C (Keterampilan Abad 21)” kemarin, Kamis (03/08). Acara yang dihadiri oleh seluruh guru SMA Plus Negeri 17 Palembang dan guru perwakilan sekolah imbas ini difasilitatori oleh Bapak Drs. H. I Gede Mendera, M.T. anggota tim pengembang kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Kegiatan IHT yang juga diikuti oleh guru-guru dari sekolah imbas antara lain SMAN 6 Palembang, SMAN 13 Palembang, SMA Muhammadiyah 1 Palembang, SMA Karya Ibu dan SMA Xaverius 2 Palembang ini dibuka sekitar pukul 10.00 WIB oleh koordinator Pengawas Pembina SMA Plus Negeri 17 Palembang, Bapak Bakhori dari Dinas Pendidikan Sumatera Selatan dengan memberikan pembinaan kepada seluruh guru peserta IHT, dilanjutkan istirahat makan siang dan sholat dhuhur.

Acara dilanjutkan lagi pada pukul 13.00 WIB dengan dipandu Bapak Drs. H. I Gede Mendera, M.T. difokuskan untuk materi pengembangan RPP sesuai dengan ketentuan terbaru dari Kementerian Pendidikan  termasuk Keterampilan Abad 21. Karena semua guru sudah selesai menyusun RPP diawal tahun pelajaran, maka IHT kali ini difokuskan untuk revisi dan pembenahan-pembenahan yang diperlukan.

 

Kegiatan ini antara lain diawali dengan mengidentifikasi beberapa unsur di RPP K13 terbaru terutama untuk menyikapi tuntutan zaman yang semakin kompetitif yaitu keterampilan abad 21. Adapun pembelajaran abad 21 mencerminkan empat hal. Critical Thinking and Problem Solving,  Creativity and Innovation, Communication, dan Collaboration. Setiap kelompok tim teaching mata pelajaran menelaah kekurangan pada RPP yang telah dibuat kemudian disempurnakan.

Kegiatan ini  ditutup dengan presentasi contoh hasil revisi RPP mata pelajaran dan pemberian tugas membuat perangkat pembelajaran selengkapnya. Diharapkan selesainya kegiatan IHT, dapat meningkatkan keunggulan sekolah sekaligus menularkan ke sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah imbas sehingga kualitas pendidikan bisa lebih merata.

 


Copyright@ SMA PLUS NEGERI 17 PALEMBANG 2010-2017.