• header 2.jpg
  • header 3 .jpg
  • header 4.jpg
  • header5.jpg
  • header 8.jpg
  • header 9.jpg

Sosialisasi SBMPTN 2013

Kamis (23/05) di Aula SMA Plus Negeri 17 Palembang dilaksanakan acara Sosialisasi SBMPTN 2013 oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Palembang bekerjasama dengan Universitas Sriwijaya. Acara ini dihadiri oleh seluruh Kepala SMA/SMK Negeri dan Swasta di Lingkungan Kota Palembang.

Acara yang digelar mulai pukul 08.30 sampai dengan 10.00 WIB ini menghadirkan Prof. Dr. Zulkifli Dahlan, DeA dan Prof Hilda Zulkifli Dahlan, DeA dari Unsri serta Drs. Nur Syamsu Alamsyah, M.M. Kasi Kurikulum Disdikpora Palembang. Isi dari sosialisasi ini adalah bahwa Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) tetap menyelenggarakan ujian tertulis sebagai salah satu bentuk seleksi masuk PTN selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Seleksi yang mengedepankan asas kepercayaan dan kebersamaan ini disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Selain untuk lulusan tahun 2013, SBMPTN dilaksanakan untuk memberi kesempatan kepada lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2011 dan 2012, untuk mengikuti seleksi pada tahun 2013.

Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang sosial dan humaniora. Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Informasi lebih lanjut tentang SBMPTN 2013 dapat diakses di Laman Resmi SBMPTN 2013 .