• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 088294873406
  • Lapak Baca Perpustakaan 17, Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

    Lapak Baca Perpustakaan 17, Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

    Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional 17 Mei 2022, Perpustakaan 17 bersama Duta Literasi 17 mengadakan program pengabdian masyarakat dengan nama “Lapak Baca Perpustakaan 17”. Kegiatan ini diadakan di Taman TVRI Palembang dimana setiap harinya merupakan salah satu spot berkumpul masyarakat untuk bersantai menikmati suasana sore hari. Program ini bertujuan untuk lebih mendekatkan buku dan literasi kepada masyarakat umum sekaligus meningkatkan budaya baca masyarakat.

    Kegiatan  merupakan sebuah awal yang sangat bagus, dimana pada sore itu para pustakawan dan duta literasi 17 memulai langkah pengembangan program pengabdian masyarakat untuk meningkatkan minat baca masyarakat melalui kegiatan Lapak Baca Perpustakaan 17.

    Persiapan lapak baca di Taman TVRI ini dimulai sejak seminggu sebelumnya. Dimulai dari perencanaan yang matang serta mendapatkan dukungan dari Kepala Sekolah dan wargas ekolah sebagai praktik baik bidang literasi. Dengan membawa 2 (dua) kotak kardus yang berisi kumpulan buku anak dan dewasa serta peralatan pendukung lainnya pustakawan dan duta literasi terlihat semangat melaksanakan program mulia ini. Jalannya kegiatan dapat dilihat pada video berikut ini:

    Tiba di lokasi sekitar jam 15.30, lapak dibuka dengan menyediakan buku bacaan gratis untuk dibaca oleh pengunjung taman. Para duta literasi sibuk memandu adik-adik yang datang untuk kegiatan membaca dan mewarnai. Selain itu pustakawan dan duta literasi dengan ramah menyambut dan memberi dongeng cerita anak yang menarik sehingga menambah kemeriahan kegiatan ini. Lapak baca digelar berdekatan dengan wahana permainan anak-anak dan alhamdulillah antusiasme pengunjung sangat tinggi.

    Dalam kesempatan itu salah seorang pengunjung menyampaikan banyak terima kasih atas diadakannya lapak baca ini karena  bernilai positif dan membangkitkan kreatifitas pengunjung terutama anak-anak yang datang membaca dan juga mewarnai. Harapannya kegiatan ini dapat terus diadakan dan dikembangkan agar masyarakat dapat menikmati lapak baca lebih sering lagi.

    Semoga kegitan ini dapat berkelanjutan dan dapat ikut serta meningkatkan minat baca dan minat belajar masyarakat di Kota Palembang.