• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 088294873406
  • Warga Sekolah Laksanakan Shalat Istisqa

    Warga Sekolah Laksanakan Shalat Istisqa

    Seluruh warga SMA Plus Negeri 17 Palembang baru saja melaksanakan shalat Istisqa di halaman sekolah, Kamis (17/09). Shalat minta diturunkannya hujan ini dipimpin langsung oleh Ust. Mugiono Amin, S.Ag., M.Hum. sebagai imam sekaligus menjadi khatib.

    Pelaksanaan shalat Istisqa ini atas dasar adanya bencana kabut asap dan kekeringan yang terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera Selatan sehingga mengganggu seluruh sendi kehidupan masyarakatnya. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dan berserah diri kepada Yang Maha Kuasa dengan memohon Kuasa-Nya menurunkan hujan.

    Shalat sunat dua rakaat ini sebagai salah satu upaya memohon ridho Allah agar hujan datang dan memadamkan titik api kebakaran lahan yang memicu terjadinya kabut asap yang telah berlangsung hampir dua minggu. Bahkan bencana kabut asap ini sempat membuat proses belajar mengajar terganggu dan peserta didik diminta untuk belajar di rumah.

    Kabut asap yang terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia ini merupakan bencana ekologis. Kondisi ini merupakan bentuk tata kelola lingkungan hidup yang gagal akibat rakusnya segelintir manusia tamak. Untuk itu marilah kita untuk senantiasa bersama-sama bertaubat kepada Allah SWT seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. “Walaupun beliau (Rasulullah) merupakan sosok yang dijamin surga-Nya Allah, namun tetap mengucap istigfar minimal seratus kali sehari.” tutur khatib Ust. Mugiono. Sudah selayaknya kta sebagi umatnya meneladani sunnah beliau dan senantiasa bersyukur atas segala nikmat Allah.