• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 088294873406
  • Pembentukan Karakter Melalui Latihan Kedisiplinan

    Pembentukan Karakter Melalui Latihan Kedisiplinan

    Kegiatan pembentukan karakter disiplin merupakan kegiatan awal calon peserta didik baru Tahun Pelajaran 2022-2023 yang telah dinyatakan lulus seleksi masuk SMA Plus Negeri 17 Palembang. Latihan kedisiplinan yang berlangsung selama 3 hari (4-6 Juli 2022). Hari pertama latihan kedisiplinan diawali dengan upacara pembukaan bertempat di lapangan upacara. Sebanyak 330 calon peserta didik didampingi oleh guru pendamping mengikuti rangkaian aktivitas latdis bersama kakak pelatih dari Ajendam II Sriwijaya dengan materi Latihan Baris Berbaris, Senam, Tata Cara Upacara, dan Motivasi.


    Selain latihan kedisiplinan tersebut, calon peserta didik juga diberikan materi tata cara makan (manner), gotong royong, kebersamaan, ibadah dan kepedulian lingkungan. Hal ini sangat penting dan berguna untuk melatih dan meningkatkan disiplin calon peserta didik dalam menempuh pendidikan di sekolah hingga lulus nanti.

    Menempuh pendidikan di SMA Plus Negeri 17 Palembang menuntut disiplin tinggi, komitmen dan tanggung jawab peserta didiknya. Kebugaran dan Kesehatan badan juga penunjang utama terselenggaranya kegiatan belajar mengajar. Disiplin adalah dari diri sendiri bukan karena dituntut oleh orang lain.

    Selain itu, dengan Latihan kedisiplinan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran bahwa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah itu dibatasi oleh aturan atau tata tertib, maka dari itu seluruh siswa harus bisa menyesuaikan atau beradaptasi dengan segala peraturan tersebut. Jika seluruh siswa didalam diri masing-masing sudah memiliki kesadaran untuk berlaku disiplin, maka kegiatan belajar mengajar di sekolah akan berjalan lancar dan tertib.