• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Pengajian Jelang Ramadhan 1437 H / 2016 M

    Pengajian Jelang Ramadhan 1437 H / 2016 M

    Warga SMA Plus Negeri 17 Palembang menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan dengan mengadakan pengajian. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ini, Jumat (03/06) bertempat di masjid Baabul Ilmi Kompleks SMA Plus Negeri 17 Palembang.

    Acara dimulai pada pukul 06.40 WIB dengan pembacaan surat Yasin bersama dilanjutkan dengan persembahan seni hadroh oleh tim hadroh angkatan ke-19. Kemudian acara resmi pengajian dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.  Pembukaan dengan mendengarkan pembacaan ayat suci Al Quran dilanjutkan dengan sambutan Bapak Kepala Sekolah.

    Bapak Parmin S.Pd., M.M. mengajak seluruh warga sekolah dalam rangka menghadapi bulan ramadhan beberapa hari ini hendaknya berinstropeksi diri, menilai diri jika masih banyak kesalahan kepada orang lain maka segera minta maaf. “Kita berdoa dalam bulan suci ramadhan nanti dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk beribadah dan hal-hal yang bermanfaat”tambahnya.

    Pada kesempatan hari yang baik ini hadir penceramah dari UIN Raden Fatah Palembang Bapak Dr. Muhajirin Ghofar, M.A. Dalam penyampaian kajiannya, beliau menegaskan tentang ungkapan bahwa di bulan puasa itu, tidur adalah ibadah itu salah. Bulan puasa haruslah dimanfaatkan untuk memperbanyak ibadah karena segala macam ibadah akan dilipatgandakan pahanya di bulan ini. Dan untuk kita khususnya para pemuda pelajar, beliau menyarankan untuk memperbanyak amalan seperti khataman Al Quran, sholat tahajud sebelum subuh, dan mengintensifkan kegiatan bersedekah.

    Di akhir pengajian, beliau berpesan kepada seluruh warga sekolah terkhusus peserta didik untuk menjadi insan yang memiliki akhlak yang baik, disiplin terhadap diri sendiri dan bukan karena orang lain. “Perjalanan kalian masih panjang, masih banyak cita-cita yang harus diraih maka berusahalah dengan kerja keras dan selalu berdoa” imbuhnya.

    Acara pengajian ini diadakan sebagai langkah awal bagi warga sekolah dalam menghadapi bulan penuh berkah Bulan Ramadhan, sehingga memiliki bekal atau persiapan melalui hari-hari dalam bulan Ramadhan.