• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Pembinaan Intensif Peserta Seleksi OSK 2016

    Pembinaan Intensif Peserta Seleksi OSK 2016

    Sudah hampir dua minggu ini, Tim Olimpiade Sain SMA Plus Negeri 17 Palembang melaksanakan kegiatan persiapan akhir menghadapi Seleksi Olimpiade Sain tingkat Kota (OSK) dengan mengadakan pembelajaran intensif. Hal ini dilakukan untuk lebih memantapkan kesiapan peserta seleksi OSK secara materi pelajaran olimpiade sain yang akan digelar minggu depan.

    Kegiatan pembelajaran intensif mata pelajaran olimpiade sain ini terbagi menjadi sembilan bidang keilmuan bertempat di beberapa ruang di lingkungan SMA Plus Negeri 17 Palembang. Peserta seleksi yang dipersiapkan untuk OSK ini dikumpulkan perbidang keilmuan dan belajar bersama serta dibimbing oleh guru pembimbing olimpiade masing-masing mulai pukul 07.00 sampai 16.00 WIB tiap harinya. Pembinaan intensif ini sebagai tindak lanjut setelah selama hampir  enam bulan pembinaan  rutin tiap minggunya sebagai persiapan seleksi Olimpiade Sain Nasional 2016.

    Persiapan Tim Olimpiade Sains SMA Plus Negeri 17 Palembang untuk mengikuti Olimpiade Sains tingkat Kota (OSK) ini diharapkan dapat menghasilkan wakil sekolah di jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu Olimpiade Sain tingkat Propinsi (OSP) ataupun tingkat Nasional (OSN). Dalam seleksi OSK ini persiapan baik fisik maupun mental harus seimbang dengan bekal pembinaan yang sudah didapat dari bapak/ibu pembimbing tiap cabang olimpiade.

    Olimpiade Sain merupakan salah satu program yang setiap tahun diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah Olimpiade Sains Nasional (OSN). Tujuan dilaksanakannya OSN adalah untuk untuk menumbuhkembangkan minat, bakat, dan kecintaan para siswa akan ilmu pengetahuan dan teknologi. OSN juga diselenggarakan dengan tujuan untuk memilih para kandidat terbaik yang akan diikutsertakan pada berbagai ajang lomba sains tingkat internasional yang secara konsisten diikuti oleh Indonesia.

    OSN diselenggarakan melalui serangkaian proses seleksi yang dilakukan secara berjenjang dari mulai tingkat sekolah, kabupaten/kota, tingkat porvinsi hingga tingkat nasional. Pada tahun 2016, bidang keilmuan yang dilombakan dalam ajang OSN meliputi: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/komputer, Biologi, Kebumian, Geografi, Astronomi, dan Ekonomi.