• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Pengukuhan Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaan TP 2015-2016

    Pengukuhan Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaan TP 2015-2016

    Beberapa waktu yang lalu, tepatnya Sabtu (28/11) peserta didik kelas X SMA Plus Negeri 17 Palembang melaksanakan rangkaian acara pengukuhan ekstrakurikuler wajib kepramukaan. Kegiatan ini merupakan simbol diterimanya anggota baru ke dalam organisasi ektrakurikuler wajib kepramukaan SMA Plus Negeri 17 Palembang. Kegiatan dapat dilihat di Galeri Foto.

    Pengukuhan ekstrakurikuler merupakan suatu program kegiatan resmi dan rutin OSIS SMA Plus Negeri 17 Palembang. Tujuan kegiatan ini adalah mengukuhkan calon anggota ekstrakurikuler yang baru sekaligus sebagai sarana mengapresiasikan kreatifitas siswa dan mengembangkan serta menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan.

    Rangkaian acara yang dilaksanakan antara lain berupa apel pembukaan, mencari jejak, devile budaya, api unggun, pentas seni dan pengukuhan. Rangkaian acara tersebut dilaksanakan mulai pagi tadi hingga nanti malam. Mencari jejak merupakan kegiatan lapangan berupa melintasi rute perjalanan yang telah ditentukan dan memecahkan soal teka-teki dalam simbol tertentu melalui beberapa pos yang harus dilalui sekaligus untuk penilaian ekstrakurikuler wajib kepramukaan semeseter ganjil tahun pelajaran 2015/2016.

    Siang harinya, dilanjutkan devile budaya mengelilingi jalan-jalan seputar SMA Plus Negeri 17 Palembang. Para peserta didik berkostum warna-warni sesuai dengan tema tiap sangga yang kemudian diakhiri dengan unjuk kebolehan berkreasi yel-yel. Acara dilanjutkan pada malam hari mulai pukul 20.00 WIB berupa acara api unggun, pentas seni, dan pengukuhan anggota ekstrakurikuler. Seperti diketahui pada kurikulum 2013, ekstrakurikuler Pramuka merupakan ekskul wajib bagi seluruh siswa kelas X, XI, dan XII. Setelah dikukuhkan, anggota ekstrakurikuler diharapkan dapat mengembangkan minat, bakat dan kreatifitasnya, meningkatkan sikap rela berkorban, tenggang rasa dan tanggungjawab.