• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Kegiatan 17 Nyantri di PP Qudratullah Banyuasin

    Kegiatan 17 Nyantri di PP Qudratullah Banyuasin

    Kegiatan Calon Peserta Didik Baru SMA Plus Negeri 17 Palembang Tahun Pelajaran 2015-2016 dua hari ini adalah nyantri di Pondok Pesantren Qudratullah Langkan Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Hari ini, Sabtu (01/08) mereka kembali lagi ke Palembang dilepas oleh para Ustadz dan santri di halaman peantren.

    Kegiatan 17 Nyantri bagi calon peserta didik baru SMA Plus Negeri 17 Palembang merupakan rangkaian dari acara Latihan Kedisiplinan, 17 Nyantri dan MOS yang merupakan syarat bagi calon peserta didik sebelum dikukuhkan menjadi peserta didik. Pada hari pertama di pondok pesantren Qudratullah, calon peserta didik disambut di Aula dilanjutkan sholat Jumat di masjid Al Madani Komplek Pondok Pesantren Qudratullah. Setelah istirahat dan makan siang, acara dilanjutkan melakukan acara ramah tamah dan pengenalan terhadap lingkungan pesantren.

    Pada sore harinya, setelah sholat ashar berjamaah, para santri dan calon peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang mengadakan pertandingan sepakbola persahabatan. Dan menjelang sholat maghrib mereka bergegas persiapan sholat magrhib dilanjutkan acara rotibul haddad, sholat isya’ dan huhadhoroh (tilawah, seni islami, ceramah agama dengan bahasa inggris, arab dan Indonesia). Saat jam menunjukkan angka sepuluh, semua kegiatan berakhir untuk hari pertama. Calon peserta didik menuju asrama dan beristirahat.

    Hari ke-dua, calon peserta didik mengawali hari dengan melaksanakan rutinitas bangun pagi dan sholat subuh berjamaah dilanjutkan dengan megnikuti mufodat bahasa Arab dan muhadatsah. Mereka diajak untuk belajar bahasa arab untuk kegiatan sehari-hari. Jam 06.00 WIB acara berakhir dan dilanjutkan dengan keperluan pribadi, mandi, makan pagi dan pembersihan asrama. Sekitar jam 08.00 WIB para peserta 17 nyantri berpamitan kepada pengurus pondok pesantren dan para santri.

    Di hari ke-tiga para calon peserta didik melakukan rutinitas pagi seperti biasanya yakni senam pagi dan kerja bakti bersih lingkungan mengumpulkian sampah. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dengan tetangga sekitar keluarga angkat sebelum pelaksanaan pelepasan dan berpamitan kembali ke Palembang.