• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 088294873406
  • Apresiasi Seni Tahun Pelajaran 2014/2015

    Apresiasi Seni Tahun Pelajaran 2014/2015

    Setelah kemarin dilaksanakan Ujian Proposal Karya Tulis Bugemm bagi seluruh peserta didik, hari ini, (18/12) diadakan acara Apresiasi Seni 2014/2015 yang digelar di AULA SMA Plus Negeri 17 Palembang mulai pada pukul 09.30 WIB dan dibuka langsung oleh Bapak Kepala Sekolah, disaksikan oleh guru-guru dan seluruh peserta didik kelas XII yang akan menampilkan kebolehannya.

    Dalam kaitannya dengan kesenian, apresiasi berarti kegiatan mengartikan dan menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni serta menjadi sensitif terhadap gejala estetis dan artistik sehingga mampu menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya.

    Persiapan dan kesungguhan siswa dalam kegiatan ini sangat tinggi. Siswa dipersilahkan untuk mengambil dan menerjemahkan sebuah karya dari berbagai sumber baik berupa sejarah, litologi, atau cerita religius kemudian diangkat dan disarikan dalam bentuk naskah dan diapresiasikan. Apresiasi terhadap suatu cerita tersebut kemudian dicari nilai dan kesannya kemudian dibuat teks lagunya dan pada akhirnya digelar dalam sebuah pertunjukan.

    Pembuatan naskah dan skenario dibuat sendiri oleh peserta didik dengan memperhatikan perencanaan waktu dan roundown/story boardnya. Semua diperhitungkan secara detail, sehingga tak diragukan lagi totalitas semua siswa dalam berbagai hal; mulai dari kostum, atribut, properti, alat musik, dan ekspresi yang dituangkan dalam aksi panggung seni drama, tari, musik, nyayiandapat memukau juri dan penonton sekaligus hiburan bagi setiap kelas.

    Penjurian dan penilain pagelaran apresiasi seni ini melibatkan  dua pemerhati seni dari luar serta Pak Priyo selaku guru Seni Budaya SMA Plus Negeri 17 Palembang. Penampilan setiap kelas dinilai setiap komponen penilaian antara lain segi ketersampaian, keutuhan, kepentingan dan fungsi dari latar belakang cerita (sejarah, komposisi lagu dan nilai), pesan dan kesan, dan genim (keaslian pementasan). Banyak pesan-pesan moral dan manfaat terhadap kegiatan ini, antara lain: eksploitasi kemampuan anak, eksploitasi kerjasama, ekploitasi krasi dan meningkatkan kerja tim serta saling menghargai satu sama lainnya