• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Pesantren Ramadhan 1435 H / 2014 M

    Pesantren Ramadhan 1435 H / 2014 M

    Puasa adalah upaya yang dilakukan secara sadar untuk menahan diri makan, minum dan bercampur suami istri dari terbit matahari sampai tenggelamnya matahari, serta menjaga hal-hal yang dapat mengurangi nilai-nilai pahala puasa.” Itulah kajian awal yang disampaikan Ustadz Drs. H. Muhammad Musrin, M.Hum. (Fakultas Dakwah IAIN Raden Fatah) dalam acara Ceramah Agama tadi pagi, Jumat (18/07) di Masjid Baabul Ilmi. Lihat di sini.

    Ceramah agama yang dihadiri oleh seluruh warga sekolah ini berlangsung  tertib dan lancar sesuai jadwal. Tema yang diambil dalam kajian oleh Bapak Ustadz Musrin ini adalah “Puasa Sebagai Pengendali Diri”. Kegiatan ini merupakan salah satu acara rangkaian program pesantren Ramadhan yang diselenggarakan oleh OSIS SMA Plus Negeri 17 Palembang di bulan ramadhan 1435 H/2014 M. Beliau berujar bahwa banyak orang berpuasa hanya mendapat lapar dan dahaga saja karena hanya menjalankannya tanpa didalami secara mendalam arti puasa itu.

    Lanjut ustadz Musrin, kenapa berpuasa? Perintah berpuasa itu sebagai perwujudan kasih sayang Allah kepada orang yang beriman. Allah tidak akan membiarkan orang-orang yang beriman bergelimang nafsu sehingga dapat membersihkan jiwanya. Dengan berpuasa manusia akan menjadi bertakwa. Takwa itu merupakan kemampuan dalam manusia untuk selalu melaksanakan perintah Allah dan menghindari segala larangan-Nya. Sabda Rasulullah “ Jika kamu berpuasa, puasakanlah pendengaran, penglihatan dan pembicaranmu dari perbuatan dosa. Dan janganlah kamu menyakiti orang dan pembantumu serta jadikanlah puasa itu sebagai pemelihara sehingga kita menjadi pemenang.”

    Di akhir tauziahnya beliau berpesan kepada seluruh warga sekolah untuk memanfaatkan momen bulan ramadhan ini dengan sebaik-baiknya hingga kita mencapai derajat takwa, karena setiap orang pasti pernah berbuat dosa kepada Allah dan dengan banyak beribadah di bulan suci ini sedikit demi sedikit dosa itu dibersihkan.

    Pesantren Ramadhan 1435 H ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap bulan Ramadhan di SMA Plus Negeri 17 Palembang. Memang kegiatan bulan ramadhan tahun ini bertepatan dengan awal tahun pelajaran baru dimana semangat seluruh warga sekolah dalam menjalani aktivitas dan rutinitas belajar mengajar sangat tinggi. Namun ciri khas dan nuansa bulan ramadhan tetap terwujud dalam kegiatan mengisi bulan suci ini. OSIS SMA Plus Negeri 17 Palembang melaksanakan beberapa kegiatan  diantaranya:
    1.    Ceramah Agama
    2.    Lomba kaligrafi
    3.    Lomba dai
    4.    Ikhtibar
    5.    Lomba cerdas cermat Islami
    6.    Penerimaan dan penyaluran zakat, Infak dan Sodaqoh

    Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua ini, Jumat-Sabtu. Semoga semua kegiatan dapat berlangsung dengan tertib dan lancar, semua peserta didik dapat mengikuti dengan senang dan ikhlas tanpa mengurangi makna dan nilai ibadah di bulan ramadhan tahun 1435 H ini.