• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Masa Orientasi Siswa (MOS) TP 2014-2015

    Masa Orientasi Siswa (MOS) TP 2014-2015

    Mulai kemarin, Senin (14/07) dilaksanakan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) bagi calon peserta didik baru tahun pelajaran 2014-2015 SMA Plus Negeri 17 Palembang. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan MOS ini didahulukan karena betepatan dengan bulan Ramadhan. Kegiatan ini berlangsung di Aula SMA Plus negeri 17 Palembang sampai dengan besok, Rabu (16/07). Lihat di sini.

    Masa Orientasi Siswa atau disingkat MOS merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan di sekolah untuk menyambut kedatangan peserta didik baru. Salah satu manfaat diadakanya MOS adalah untuk masa-masa perkenalan dan adaptasi di lingkungan sekolah yang baru, yang sangat berbeda dari sekolah di jenjang sebelumnya.  Masa orientasi biasanya kita jumpai hampir di tiap jenjang pendidikan, mulai dari tingkat SMP, SMA bahkan hingga perguruan tinggi. Baik sekolah negeri maupun swasta, hampir semuanya menggunakan cara itu untuk memperkenalkan almamater kepada peserta didik barunya.

    Tujuan utama MOS memang untuk sarana perkenalan antara peserta didik baru dengan lingkungan di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan antar peserta didik baru, dengan kakak kelas, ataupun guru dan karyawan lainnya yang ada di sekolah. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah, program sekolah, ketentuan dan peraturan sekolah, adat dan adab di sekolah tersebut, dan lain sebagainya. Selain itu, MOS juga dijadikan sebagai wahana untuk melatih kedisiplinan, ketahanan mental dan mempererat tali persaudaraan antara peserta didik baru dengan warga sekolah lainnya. Sehingga dengan tujuan itu pulalah, MOS bisa menjadi sarana untuk membentuk karakter peserta didik untuk belajar dengan baik di lingkungan barunya

    Melalui berbagai kegiatan yang dilakukan selama MOS berlangsung, siswa baru diperkenalkan pada kultur sekolah serta jenis karakter seperti apa yang ingin dikembangkan di sekolah tersebut. Penjelasan tentang visi dan misi sekolah berikut penjabarannya dalam bentuk kurikulum menjadi sarana untuk menyampaikan kultur macam apa yang hendak dibangun kepada peserta didik baru. Seperti jadwal MOS kemarin dengan paparan Bapak Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Biadang Kurikulum, serta Informasi/penyuluhan mengenai Narkoba dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan.

    Untuk jadwal hari ini, direncanakan paparan dari Bidang Kesiswaan, OSIS dan Ekstrakurikuler, Bidang Sarana dan Prasarana, dan Bidang Hubungan Masyarakat. Meskipun sebagian besar calon peserta didik baru sedang dalam kondisi puasa bulan ramadhan, terlihat antusias mendengarkan dan menanyakan hal-hal seputar sekolah dan program-programnya. Semoga kegiatan MOS ini dapat dilalui dengan baik sampai dengan berakhirnya besok di hari terakhir.