• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Pengarahan Umum Kepada Calon Peserta Didik Baru

    Pengarahan Umum Kepada Calon Peserta Didik Baru

    Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya bahwa kegiatan hari ini, Sabtu (28/06) untuk calon peserta didik baru SMA Plus Negeri 17 Palembang Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah menerima pengarahan umum dari pihak sekolah. Kegiatan dilangsungkan di Lapangan Upacara SMA Plus Negeri 17 Palembang diawali dengan apel pagi pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 10.30 WIB.

    Bapak Kepala Sekolah menjadi Pembina apel sekaligus memberikan arahan yang pertama kali pada kegiatan ini. Beliau mengucapkan selamat datang dan selamat atas diterimanya calon peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang Tahun Pelajaran 2014/2015. “Kalian harus bersyukur dan harus siap bergabung menjadi bagian warga SMA Plus Negeri 17 Palembang. Karena kalian telah membuktikan diri mampu bersaing dan memiliki nyali besar mengikuti seleksi di sekolah ini. Diharapkan tidak ada lagi yang masih merasa ragu-ragu  untuk mengikuti semua program yang telah direncanakan untuk meraih prestasi yang tertinggi di masa yang akan datang bersama sekolah ini.”

    Kemudian dilanjutkan pengarahan oleh Bapak Bayu Riadi, M.Pd. (Waka Kurikulum) berkaitan dengan peminatan dan lintas minat. Seperti diketahui bersama bahwa calon peserta didik baru Tahun Pelajaran 2014/2015 ini menggunakan Kurikulum 2013 yang langsung memilih Program Peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIA) atau Program Ilmu-ilmu Sosial (IIS) sejak kelas X. Dan untuk SMA Plus Negeri 17 Palembang, tahun ini peminatan langsung dipilih sejak calon peserta didik melakukan pendaftaran seleksi masuk. Lebih lanjut, Waka Kurikulum memberikan lembaran angket lintas minat yang harus dikumpulkan pada saat pertama kali calon peserta didik masuk pada tanggal 13 Juli 2014 nanti. Dalam Kurikulum 2013, peserta didik selain memilih kelompok mata pelajaran (peminatan), mereka diberi kesempatan untuk mengambil mata pelajaran dari kelompok peminatan lain (lintas minat). Hal ini memberi peluang kepada peserta didik untuk mempelajari mata pelajaran yang diminati namun tidak terdapat pada kelompok mata pelajaran peminatan. Misalnya kelompok peminatan MIA memilih dua mata pelajaran yang khas di peminatan IIS atau peminatan Bahasa, begitu juga sebaliknya.

    Yang terakhir pengarahan dari Bapak Erhanudin, M.Pd. (Waka Kesiswaan) terkait pelaksanaan kegiatan awal peserta didik baru berupa Masa Orientasi Sekolah (MOS), Latihan Kedisiplinan (Latdis), Homestay, dan SQ. Bertepatan dengan tanggal masuk tahun pelajaran baru 2014/2015 tanggal 14 Juli mendatang, calon peserta didik baru harus sudah masuk asrama pada tanggal 13 Juli 2014 mulai pukul 13.00 WIB. Berkaitan dengan hal tersebut, calon peserta didik harus sudah mulai beradaptasi dengan lingkungan SMA Plus Negeri 17 Palembang seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kemandirian, dan ketaatan kepada peraturan sekolah. Selama satu minggu pertama masuk kegiatan calon peserta didik adalah Masa Orientasi Sekolah (MOS) dan Pesantren Ramadhan karena bertepatan dengan Bulan Ramadhan. Maka aktifitas lebih pada membangun karakter yang bersifat non fisik (pengenalan Kurikulum, Kesiswaan, Humas, Sarana Prasarana, Program Sekolah) dan memperbanyak ibadah.

    Berkaitan dengan kegiatan asrama yang sudah harus dimulai sejak masuk tanggal 13 Juli nanti, perlu disampaikan juga mengenai persiapan-persiapan peserta didik yang akan tinggal di asrama. Untuk kegiatan awal selama MOS nanti, diharapkan untuk mempersiapkan keperluan sehari-hari selama seminggu. Adapaun rinciannya sebagai berikut:

    1.    Kebutuhan sehari-hari
    –    Perlengkapan mandi (gayung, pasta dan sikat gigi, sabun, dan lain-lain)
    –    Perlengkapan makan (piring dan gelas plastik, sendok, garpu)
    –    Pakaian/baju sehari-sehari secukupnya:

    • Putra (celana panjang atau training)
    • Putri (rok/celana panjang/training tidak boleh ketat dan atau transparan)

    –    Pakaian/baju sekolah SMP/MTs asal.

    –    Perlengkapan Tidur (selimut, seprei ukuran single, sarung bantal dan sarung guling)

    2.    Kebutuhan Ibadah (terutama untuk calon peserta didik Muslim), untuk calon peserta didik non Muslim dapat menyesuaikan diri.

    • Putra : dua baju muslim (wajib warna putih), dua buah peci/kopiyah warna putih, satu buah Al Quran ukuran standar, dan sandal
    • Putri : telekung/mukena (wajib warna putih), satu buah Al Quran ukuran standar, dan sandal

    Demikian isi dari pengarahan umum kepada calon peserta didik baru SMA Plus Negeri 17 Palembang pada hari ini. Informasi penting selanjutnya berkaitan dengan kegiatan peserta didik baru akan disampaikan melalui website ini.