• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Today, Tomorrow and Forever

    Today, Tomorrow and Forever

    Demikian  tema yang diambil oleh peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang Angkatan 17 dalam acara Perpisahan Asrama bertempat di Aula SMA Plus Negeri 17 Palembang, Sabtu (14/06). Kegiatan lain di SMA Plus Negeri 17 Palembang hari ini berupa acara pendaftaran peserta didik baru hari keenam dan acara orientasi program pertukaran pelajar Bina Antarbudaya.

    Dihiasi dengan rintik hujan yang membasahi lingkungan SMA Plus Negeri 17 Palembang, acara perpisahan asrama berlangsung meriah, tertib dan lancar dimulai pada pukul 14.00 dan berakhir pada pukul 16.30 WIB. Dari mulai acara pembukaan, Kirab, tari tanggai, sambutan-sambutan, hiburan dan penayangan film dokumenter dapat terlaksana dengan baik. Kegiatan ini sepenuhnya diselenggarakan oleh peserta didik angkatan 17. Acara ini terselenggara berkat kerjasama yang baik diantara peserta didik angkatan 17 yang sudah terlatih untuk menyelenggarakan suatu acara/event dengan terorganisir.  Kekompakan dan solidaritas sangat nampak dari setiap sesi acara. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan selama setahun di asrama sudah berjalan dengan baik.

    Pendidikan di asrama selama setahun pertama memang wajib diikuti oleh pesera didik SMA Plus Negeri 17 Palembang. Tujuan penting dalam pembelajaran di asrama adalah terjadinya interaksi antar peserta didik, belajar berdisiplin, memupuk solidaritas, meningkatkan nilai keagamaan, kemandirian, kerjasama, bersosialisasi dan belajar berorganisasi yang baik. Dengan tema “today, tomorrow and forever” menunjukkan betapa berharganya saat-saat di asrama yang mulai hari inimereka tinggalkan.  Suka duka di asrama akan terkenang selamanya, dan susah untuk dilupakan. Yang terpenting adalah pembelajaran di asrama merupakan tonggak pondasi bagi peserta didik untuk melangkah pada jenjang kehidupan berikutnya di masyarakat. Kemandirian dan solidaritas serta disiplin menjadi hal yang esensial untuk kesuksesan hidup di masa mendatang. Maka bekal selama setahun tinggal di asrama menjadi begitu berharga dan tak terlupakan.

    Presentasi Wakana Yokoyama (Jepang) mengenai pengalamannya setahun di Indonesia

    Sementara pada saat yang sama di Aula Baru diadakan orientasi peserta pertukaran pelajar Bina Antarbudaya Chapter Palembang. Acara ini berupa paparan untuk peserta pertukaran pelajar program AFS/YES yang akan segera meninggalkan kota Palembang ke Negara tujuan. Peserta didik Program AFS asal Jerman dan Jepang yaitu Florian Dilan dan Wakana Yokoyama dalam beberapa waktu ini akan kembali ke negaranya sementara peserta didik yang lolos dalam seleksi AFS/YES Chapter Palembang Year Program 2014/2015 akan segera menuju Negara tujuan sekitar bulan Agustus mendatang. Isi orientasi kali ini adalah presentasi dari pesera didik asal Jerman dan Jepang selama mereka mengikuti program AFS di Indonesia dan pesan kepada peserta didik AFS/YES yang akan ke Negara tujuan ki Amerika Serikat dan Eropa. Kemudian acara berikutnya berupa paparan dan gambaran mengenai Negara tujuan oleh para alumni YES sebelumnya dan apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum pesera didik AFS/YES berangkat nanti, serta penampilan seni dari peserta program AFS/YES Year Program 2014/2015.

    Pelaksanaan pendaftaran calon peserta didik baru tahun pelajaran 2014/2015

    Di sela-sela kesibukan kegiatan di SMA Plus Negeri 17 Palembang di atas, masih dilakukan juga pendaftaran peserta didik baru tahun pelajaran 2014/2015 hari keenam.  Dikarenakan pelaksanaan acara pepisahan asrama angkatan 17, maka khusus hari ini pelaksanaan pendaftaran dilaksanakan di Laboratorium Fisika Gedung A.  Sampai dengan hari ini, jumlah pendaftar calon peserta didik baru sudah mencapai 327 orang peminatan IPA dan 30 orang peminatan IPS.  Seperti diketahui bahwa penerimaan peserta didik baru di SMA Plus Negeri 17 Palembang tahun ini berbeda, dimana calon peserta didik yang mendaftar diwajibkan langsung memilih program peminatan/jurusan.

    Sampai dengan hari keenam ini, calon peserta didik yang mendaftar kebanyakan memilih peminatan IPA jauh dari pendaftar yang minat ke program IPS. Sebagai informasi walaupun program IPA menjadi favorit di SMA Plus Negeri 17 Palembang, akan tetapi program IPS di sekolah ini bukan lantas tidak dapat berprestasi. Bahkan dalam Hasil Ujian Nasional tahun ini, peserta didik program IPA dan IPS SMA Plus Negeri 17 Palembang sama-sama menjadi yang terbaik dengan nilai tertinggi di Sumatera Selatan. Dengan demikian, di SMA Plus Negeri 17 Palembang tidak ada perbedaan dalam pencapaian prestasi antara program IPA maupun IPS, semua dapat berkembang dan berprestasi tinggi. Pendaftaran peserta didik baru masih akan dibuka sampai dengan tanggal 18 Juni 2014. Berprestasilah hari ini, besok dan selamanya (today, tomorrow and forever) bersama SMA Plus Negeri 17 Palembang.