• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Terangi Hati Kita Dengan Membaca Al Quran

    Terangi Hati Kita Dengan Membaca Al Quran

    Demikian isi ceramah Ustadz Fadli dalam kegiatan khatam Al Quran untuk yang kelima bagi peserta didik kelas X SMA Plus Negeri 17 Palembang selama hampir satu semester tinggal di asrama. Kegiatan ini dihadiri juga oleh guru-guru, karyawan dan peserta didik kelas X SMA Plus Negeri 17 Palembang tadi malam, hari Jumat (6/12) di masjid Baabul Ilmi.

    Dari Ibnu Abbas ra, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw., “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi).

    Kegiatan membaca Al Quran merupakan menu pokok peserta didik yang tinggal di asrama. Sejak pertama kali masuk SMA Plus Negeri 17 Palembang, peserta didik dibiasakan untuk selalu dekat dengan Al Quran. Membacanya setiap kali menjelang sholat wajib selalu dilaksanakan dari mulai shubuh, maghrib dan Isya’. Dengan dilakukan secara bersama-sama dan berkelanjutan, maka tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikan 30 juz ayat-ayat Al Quran.

    Dan tadi malam telah dilaksanakan acara khatam Al Quran dilanjutkan dengan ceramah agama yang dibimbing oleh Ustadz Fadli.  Dalam kajiannya, beliau mengungkan banyak manfaat dalam membaca Al Quran jika dilaksanakan secara terus menerus. Manfaat-manfaat yang diperoleh jika kita membaca Al Quran adalah sebagai penerang hati, mendapatkan rahmat dan akan selalu diberikan ketenangan jiwa oleh Allah SWT. Selanjutnya kegiatan setelah ceramah agama berupa penampilan grup nasyid angkatan 17 dan acara penutup.