• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Pelaksanaan Masa Orientasi Siswa 2013

    Pelaksanaan Masa Orientasi Siswa 2013

    Mulai hari ini, Selasa (25/06) para calon peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang mengikuti Masa Orientasi Siswa (MOS). Bertempat di Aula SMA Plus Negeri 17 Palembang mereka menyimak paparan yang yang secara maraton dilakukan oleh Bapak Kepala Sekolah, Pengelola Perpustakaan, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan dan terakhir Waka Humas.

    Masa Orientasi Siswa ( MOS ) merupakan cara bagi calon siswa baru diperkenalkan kepada lingkungan sekolah baruseperti visi dan misi sekolah, peraturan sekolah, tata tertib sekolah, cara belajar, tata krama, kedisiplinan, norma – norma agama, dan lain – lainnya.

    Dengan dikenalkannya norma – norma kepada calon siswa, maka setidaknya siswa telah dibekali ilmu yang berhubungan dengan cara bagaimana upaya mencegah dan meminimalisir  hal – hal yang dapat merusak moral siswa.MOS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

    Dalam kegiatan MOS pasti ada tujuan yang ingin dicapai. Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan MOS itu adalah :
    1.    Memperkenalkan siswa pada lingkungan fisik sekolah yang baru mereka masuki
    2.    Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
    3.    Memperkenalkan siswa pada keorganisasian(OSIS dan ekstrakurikuler)
    4.    Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah
    5.    Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah
    6.    Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
    7.    Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
    8.    Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.

    Sesuai rencana, kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, hari ini dan besok.