• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 088294873406
  • Kirana

    Kirana 17 adalah sebuah Kelompok Ilmiah Remaja Andalan yang dimiliki oleh SMA Plus Negeri 17 Palembang. Kirana 17 telah terbentuk sebagai suatu ekskul sejak 6 Februari 1999 (Angkatan Ketiga) oleh Sumarni Bayu Anita.  Kirana adalah wadah bagi anak-anak SMA Plus Negeri 17 yang mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi kepada berbagai hal di bidang penulisan-penelitian ilmiah dan karya tulis.

     

    KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KIRANA 17
    Dalam ekstrakurikuler KIRANA 17 terdapat berbagai kegiatan yang dilakukannya yaitu:

    1.Penelitian Ilmiah

    Setiap anggota Kirana akan diajarkan dan dibimbing untuk melakukan penelitian lapangan di bidang sosial, alam, teknik dan lingkungan yang akan berguna pada berbagai kegiatan keilmuwan.

    2. Pembuatan Karya Tulis Ilmiah Remaja

    Kegiatan pembuatan karya ilmiah remaja merupakan suatu agenda wajib dalam ekstrakurikuler KIRANA 17. Dimana setiap siswa diberikan bimbingan dalam pembuatan karya tulis ilmiah remaja baik dalam bidang IPA, IPS, maupun IT. Sehingga setiap anggota dapat selalu unggul di setiap perlombaan atau event  yang mereka ikuti.

    3. Pembuatan Essai

    Kegiatan pembuatan essai merupakan suatu bentuk agenda yang terus menerus dilakukan, dengan tujuan untuk melatih para anggota ekstrakurikuler KIRANA 17 agar mampu menghasilkan suatu bentuk essai yang benar. Sehingga setiap anggota dapat selalu unggul di setiap perlombaan atau event  yang mereka ikuti.

    4. Pembuatan Paparan Materi Presentasi

    Demi memaksimalkan hasil karya tulis ilmiah yang dibuat, maka harus dilengkapi dengan presentasi atau paparan yang baik bula. Oleh sebab itu, maka ekstrakurikuler KIRANA 17 mempunyai suatu kegiatan dalam melatih setiap anggota ekstrakurikuler untuk dapat membuat materi presenntasi dengan baik dan dapat memaaparkan materi prsentasi itu dengan baik.

    Keuntungan mengikuti Ekskul ini:

    • anggota Kirana dilatih untuk membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar sehingga bernanfaat bagi di jenjang pendidikan yang lebih tinggi
    • anggota Kirana dilatih untuk leih berani dan percaya diri saat presentasi di depan umum
    • anggota Kirana dilatih untuk dapat melakukan penelitian sederhana dan berinovasi
    • anggota Kirana dilbimibing untuk menyelesaikan BUGEMM yang menjadi program sekolah
    • anggota Kirana dilatih untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan