• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 088294873406
  • Ulangan Tengah Semester Ganjil TA 2013/2014

    Ulangan Tengah Semester Ganjil TA 2013/2014

    Mulai hari ini, Senin (07/10) SMA Plus Negeri 17 Palembang mengadakan Ulangan Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2013/2014. Kegiatan ini menggunakan semua ruang kelas yang ada ditambah dengan ruang laboratorium dan aula di lingkungan SMA Plus Negeri 17 Palembang. UTS ini dijadwalkan sampai dengan hari sabtu mendatang diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI, dan XII semua program serta semua jurusan/peminatan.

    Kegiatan Ulangan Tengah Semester (UTS) ini merupakan bagian dari kegiatan evaluasi dalam bidang pendidikan yang ada di SMA Plus Negeri 17 Palembang. Fungsi evaluasi di dalam pendidikan tidak dapat dilepaskan dari tujuan evaluasi itu sendiri, ialah untuk mendapat data yang menunjukkan sampai di mana tingkat kemampuan dan keberhasilan siswa dalam pencapaian tujuan-tujuan kurikuler selama setengah semester ganjil ini. Di samping itu, juga dapat digunakan oleh guru-guru untuk mengukur atau menilai sampai di mana keefektifan pengalaman-pengalaman mengajar, kegiatan-kegiatan belajar, dan metode-metode mengajar yang digunakan. Hasil evaluasi yang diperoleh itu selanjutnya dapat digunakan unuk memperbaiki cara belajar siswa.

    Di samping itu evaluasi juga dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan program pengajaran. Pengajaran sebagai suatu sistem terdiri atas beberapa komponen yang saling berkaitan  satu sama lain. Komponen komponen dimaksud antara lain adalah tujuan,  materi atau bahan pengajaran, metode dan kegiatan belajar-mengajar, alat dan sumber pelajaran, dan prosedur serta alat evaluasi. Kemudian berguna juga untuk membuat diagnosis mengenai kelemahan-kelemahan dan kekurangan atau kemampuan siswa. Sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan dan upaya untuk mengatasi permasalahan  dengan melakukan bimbingan khusus.

    Lebih dari itu evaluasi pembelajaran ini juga digunakan untuk keperluan pengembangan dan perbaikan kurikulum. Seperti kita ketahui bahwa SMA Plus Negeri 17 Palembang termasuk sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 untuk siswa kelas X yang mana perlu penyempurnaan dan perbaikan terus menerus serta up to date. Setiap saat guru melaksanakan kegiatan evaluasi dalam rangka menilai keberhasilan belajar siswa dan menilai program pengajaran, yang berarti pula menilai isi atau materi pelajaran yang terdapat di dalam kurikulum. Seorang guru yang dinamis akan selalu berusaha untuk menentukan dan memilih materi-materi yang sesuai dengan kondisi siswa dan situasi lingkungan serta perkembangan masyarakat pada masa sekarang ini.