• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 088294873406
  • Asesmen Sumatif Akhir dan Penilaian Akhir Semester Ganjil TP 2023-2024

    Asesmen Sumatif Akhir dan Penilaian Akhir Semester Ganjil TP 2023-2024

    Minggu ini adalah pekan Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir(ASA) Kelas X dan XI serta Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Kelas XII Tahun Ajaran 2023-2024. PAS untuk siswa kelas XII yang masih menggunakan kurikulum 2013, sementara ASA untuk siswa kelas X dan XI yang sudah menggunakan kurikulum merdeka. Pelaksanaan penilaian atau asesmen masih secara online di laboratorium komputer untuk kelas XII. Sementara kelas X dan XI menggunakan tes tertulis dengan kertas.

    Penilaian atau asesmen yang dimaksud adalah ditujukan bagi peserta didik kelas X karena menggunakan kurikulum merdeka sebagai dasar penilaiannya. Penilaian adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, untuk memantau kemajuan dan perbaikan hasil belajar peserta didik.

    Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan penilaian yang dilakukan pada akhir semester ganjil untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan semua Kompetensi Dasar (KD) dalam semester tersebut. Bagi para peserta didik kelas XII masih menggunakan Kurikulum 2013 sehingga penilaian yang dilakukan menggunakan istilah Penilaian Akhir Semester (PAS).

    Sekolah tetap menerapkan jam masuk sekolah setiap hari sama seperti hari-hari biasa yakni pukul 06.40 WIB walaupun pelaksanaan ujian dimulai pukul 07.30 WIB. Hal ini dilakukan agar kualitas disiplin peserta didik tetap terjaga. Dengan melaksanakan dua atau tiga mata pelajaran yang diujikan setiap harinya diharapkan para peserta didik mampu memperoleh nilai yang memuaskan. Jika peserta didik ada yang berhalangan karena sakit sekolah mengambil kebijakan untuk memberikan penilaian susulan.