• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 088294873406
  • Pelaksanaan P5: Bangunlah Jiwa dan Raganya dan Gaya Hidup Berkelanjutan

    Pelaksanaan P5: Bangunlah Jiwa dan Raganya dan Gaya Hidup Berkelanjutan

    SMA Plus Negeri 17 Palembang minggu ini melaksanakan kegiatan Proyek P5 dengan tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya “ dengan topik Pencegahan Tindakan Perundungan” untuk kelas XI (Fase E) dan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan topik “Alternatif Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Eco-Enzyme” untuk kelas X (FaseE).  Kedua proyek ini terdiri dari 4 tahap: pengenalan, kontekstualisasi, aksi, dan refleksi.

    Tahap  pengenalan dan kontekstualisasi projek P5 kelas XI adalah bagian dari penyadaran Bangunlah Jiwa Raganya. Mengacu pada Program Bangunlah Jiwa Raganya, kedua tahap ini: dimaksudkan untuk memberikan dorongan dan pemacu untuk tumbuh dan berkembangnya sikap mental, cara pandang (mindset) serta motivasi diri. Dengan dipusatkan di aula, peserta didik mendengarkan motivasi dari Lembaga Berani Bercerita untuk mengembangkan mental dan motivasi.

     

    View this post on Instagram

     

    A post shared by #BeraniBercerita (@beranibercerita_)

    Sementara untuk tahap aksi dan refleksi, siswa membuat karya poster dan video ajakan anti perundungan, kegiatan sarapan pagi bersama untuk menumbuhkan kebersamaan dan makan makanan sehat bergizi, senam bersama, aksi nyata BSLS (Badan Sehat Lingkungan Sehat) dan diakhiri penandatanganan deklarasi bersama anti perundungan.

    Untuk P5 kelas X (Fase E) dengan topik Alternatif Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Eco-Enzyme diawali dengan pengenalan dan sosialisasi pembuatan Eco-Enzyme di Aula bersama narasumber dari tim lingkungan SMA Plus Negeri 17 Palembang. Kemudian dilanjutkan Langkah aksi dengan membuat eco-enzyme di kelas, perencanaan produk dari eco-enzyme serta pembuatan video bertema eco-enzyme.