• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 088294873406
  • Penilaian Akhir Semester dan Asesmen Sumatif Akhir TP 2022-2023

    Penilaian Akhir Semester dan Asesmen Sumatif Akhir TP 2022-2023

    Minggu ini, SMA Plus Negeri 17 Palembang sedang mengadakan kegiatan Penilaian Akhir Semester 4 Kelas XI dan Asesmen Sumatif Akhir Kelas X (Fase E) TP 2022-2023. Penilaian Akhir Semeter atau asesmen sumatif akhir bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau CP peserta didik sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan.

    Penggunaan istilah yang berbeda ini karena untuk kelas XI menggunakan kurikulum 2013 dan sistem SKS, sedangkan untuk kelas X menggunakan kurikulum merdeka. Baik penilaian akhir semester maupun  asesmen sumatif dapat berfungsi untuk:  alat ukur untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik dalam satu atau lebih tujuan pembelajaran di periode tertentu;  mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian yang telah ditetapkan; dan  menentukan kelanjutan proses belajar siswa di kelas atau jenjang berikutnya.

    Kegiatan ini berlangsung di gedung C dan gedung D dimana kelas XI menggunakan ujian berbasis komputer (computer based test) sedangkan kelas X menggunakan sistem ujian berbasis kertas/tulis (paper based test). Semua alur kegiatan dan perencanaan telah dipersiakan panitia yaitu pihak kurikulum dibantu oleh staf tata usaha beserta guru-guru sebagai pengawas ruang dan proktor.