• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 088294873406
  • Bagi Rapor: Bangun Sinergi Orang Tua dan Sekolah

    Bagi Rapor: Bangun Sinergi Orang Tua dan Sekolah

    Alhamdulillah, pembagian laporan hasil belajar atau rapor siswa oleh wali kelas di ruang kelas masing-masing kepada orang tua atau wali siswa dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan sesuai kalender akademik yaitu tanggal 16 Desember 2022.

    Penerimaan rapor siswa langsung kepada orang tua atau wali dapat membangun komunikasi dan silaturahmi dengan orang tua atau wali murid. Hal tersebut dikarenakan keberhasilan mendidik seorang siswa akan lebih efektif demi terciptanya peserta didik yang berprestasi dan berkarakter.

    Dengan hadirnya orang tua mengambil rapor putra putrinya akan berdampak pada beberapa hal, diantaranya adalah silaturahmi sehingga akan timbul jalinan komunikasi untuk kemajuan anaknya. Selain itu orang tua akan mengetahui kondisi anak di sekolah.

    Merupakan hal penting orangtua mengetahui informasi tentang anaknya di sekolah, apakah sesuai perilaku anak di rumah dengan di sekolah. Karena karakter anak yang sopan di rumah, menunjukkan sikap patuh di rumah, namun bisa berbeda ketika di sekolah. Sehingga orang tua mendapat informasi utuh dan sebenarnya, tentang anak ketika di sekolah, langsung dari pihak sekolah atau guru/wali kelasnya.

    Manfaat lainnya adalah adanya perhatian orang tua kepada pendidikan anaknya. Perasaan anak akan berbeda jika orang tuanya tidak pernah datang mengambilkan rapornya. Sehingga datang mengambilkan rapor merupakan bentuk perhatian orang tua kepada pendidikan anaknya.

    Dan yang paling penting dengan orang tua datang mengambil rapor anaknya adalah terjalin sinergi komunikasi orang tua dan sekolah. Komunikasi akan terjalin antara guru dan orang tua tentang program sekolah, permasalahan siswa, prestasi dan lain sebagainya. Orang tua siswa merupakan salah satu faktor utama dalam kemajuan sekolah dan kemajuan peserta didik.

    Komunikasi yang intens dengan bertemu langsung secara tatap muka dan komitmen antara orang tua, guru dan siswa bahwa akan melaksanakan program sekolah secara maksimal akan berdampak pada kualitas pendidikan peserta didik. Sinergi inilah yang akan membantu dalam mengupayakan pendidikan yang tepat untuk anak. Karena pihak sekolah hanya membantu para orang tua dalam mendidik anak-anak menjadi generasi yang cerdas, terampil dan berkarakter sebagaimana harapan setiap orang tua.