• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 088294873406
  • Pameran dan Pergelaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal

    Pameran dan Pergelaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal

    Sebagai salah satu sekolah yang melaksanakan Kurikulum Merdeka SMA Plus Negeri 17 Palembang melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Tema yang diambil untuk projek pertama dari tiga projek di tahun peljaran ini adalah kearifan lokal. Kegiatan ini sudah berlangsung dari tanggal 12 September 2022 yang lalu dimana sosialisasi dan workshop mulai dilakukan. Dan tanggal  27 dan 28 September 2022 kemarin dilakukan Pameran dan Pergelaran Seni Budaya khas Sumatera Selatan  hasil kreasi siswa di dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini. Kegiatan dipusatkan di Aula Graha 17 menampilkan pentas seni dan pameran karya seni budaya khas Sumatera Selatan yang diikuti siswa kelas X.

    Perkembangan zaman membuat kebudayaan lokal semakin ditinggalkan dan jarang dimainkan oleh generasi muda saat ini. Misalnya tradisi teater Dulmuluk, Sastra tutur, Batanghari Sembilan dan lain sebagainya mulai dilupakanan. Maka melalui kegiatan P5 ini, siswa dilatih untuk lebih kreatif, berpikir kritis dan mencintai budayanya. Bukan hanya itu, peserta didik sebagai generasi muda dituntut menjaga, mengembangan dan melestarikan budaya lokal.

    P5 sebagai perwujudan belajar sepanjang hayat, para siswa dilatih memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Di antaranya mampu bekerja sama, bergotong royong, berjiwa kreatif inovatif yang mampu memberikan solusi dari setiap kesulitan dan permasalahan hidup.

    Pelaksanaan P5 melalui rangkaian kegiatan yang tersusun dalam berbagai tahapan kegiatan sebagai berikut:

    1. Sosialisasi dilaksanakan pada Senin, 12 September 2022 yang dilanjutkan dengan pembagian kelompok projek, sosialisasi tema, sub tema dan produk projek P5 di tiap rombongan belajar kelas X.
    2. Penyampaian materi dari narasumber pada tanggal 13 dan 14 September 2022 berupa materi berbagai macam kesenian di Sumatera Selatan oleh Dewan Kesenian Kota Palembang, pelaku seni Dulmuluk, penggiat seni rupa dan diorama dan beberapa sumber lainnya.
    3. Pembuatan karya, Latihan, persiapan pertunjukan, dan penyiapan property pada tanggal 15- 26 September 2022
    4. Pameran dan pergelaran yang dilaksanakan pada 27 dan 28 September 2022.
    5. Refleksi dan Penutup pada tanggal 29 dan 30 September 2022

    Rangkaian kegiatan tersebut diatas merupakan satu kesatuan kegiatan yang saling berkesinambungan. Dengan kegiatan P5 ini peserta didik diharapkan menjadi insan Pelajar Pancasila yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak Mulia, Berkhibenakaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif.