• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Sosialisasi Pembuatan dan Pemanfaatan Eco Enzim Bagi Warga Sekitar Sekolah

    Sosialisasi Pembuatan dan Pemanfaatan Eco Enzim Bagi Warga Sekitar Sekolah

    SMA Plus Negeri 17 Palembang hari ini mengadakan acara sosialisasi pembuatan dan pemanfaatan eco enzim untuk para ibu rumah tangga di lingkungan sekitar sekolah dengan sukses. Sebanyak empat puluh ibu-ibu dari empat RT, yaitu RT 11, 14, 62, dan 64 berkumpul di graha 17 untuk mengikuti rangkaian acara dari mulai pukul 13.30 hingga pukul 15.30 wib.

    Persiapan acara sendiri telah dimulai dari satu minggu sebelumnya, oleh tim lingkungan berkoordinasi dengan ketua RT setempat. Setiap RT diminta untuk mengirimkan sepuluh orang perwakilan untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang dapat memperkaya wawasan mengenai pemanfaatan limbah organik rumah tangga ini.

    Setiap peserta sosialisasi dihimbau untuk membawa beberapa bahan, seperti air, sisa sayur dan buah, botol maupun toples dari rumah untuk mempraktekkan pembuatan eco enzim langsung di tempat.

    Acara dimulai dengan kata sambutan yang disampaikan oleh perwakilan ketua RT. Beliau mengucapkan terima kasih kepada sekolah yang telah mengadakan acara yang dapat mengedukasi ibu-ibu untuk mengolah sampah organik menjadi produk bermanfaat. Ibu Kepala Sekolah dan seluruh panitia pun memberikan sambutan yang hangat bagi semua peserta sosialisasi. Ibu Kepala Sekolah berpesan kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan dengan semangat dan tetap menjaga protokol kesehatan.

    Semua peserta nampak antusias mengikuti semua rangkaian acara, terutama kegiatan inti yaitu pemaparan informasi mengenai apa itu eco enzim, manfaat, penggunaan, dan cara mengolahnya. Setelah presentasi selesai, para peserta berbaris di sekitar meja yang sudah disediakan untuk membuat eco enzim secara langsung bersama-sama. Para panitia dengan sigap membantu semua peserta dalam mempersiapkan bahan, menimbang, hingga menghasilkan produk eco enzim yang kemudian dibawa pulang untuk difermentasikan selama tiga bulan.

    Acara diakhiri dengan pembagian bingkisan kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat. Setelah semua hadiah dibagikan, tak lupa panitia mendokumentasikan kegiatan tersebut dengan berfoto bersama. (TA)