• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Miss Fitri Wulandari Kembali Raih Prestasi di Program YSEALI 2021

    Miss Fitri Wulandari Kembali Raih Prestasi di Program YSEALI 2021

    Satu lagi prestasi internasional diraih oleh salah seorang guru SMA Plus Negeri 17 Palembang. Miss Fitri Wulandari, S.Pd., guru yang mengajar mata pelajaran Fisika ini terpilih menjadi representasi Indonesia dalam program “Young Southeast Asian Leader Initiative Program 2021” yang lebih akrab dikenal dengan YSEALI.

    YSEALI (Young Southeast Asian Leaders Initiative Program), sebuah program kepemudaan yang pertama kali dibentuk pada tahun 2013 dan diinisiasikan oleh Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Salah satu tujuan dari program ini adalah menguatkan hubungan antara Amerika Serikat dan komunitas negara ASEAN dalam bidang lingkungan, sumber daya alam, ekonomi, wirausaha dan juga hubungan kewarganegaraan. Ada banyak program bergengsi yang dapat diikuti, salah satunya yakni YSEALI Regional Workshop yang diadakan di berbagai negara ASEAN. Setiap peserta, jika terpilih akan di undang ke negara penyelenggara dengan biaya ditanggung penuh. Dan inilah cerita Miss Fitri tentang keberhasilannya meraih prestasi tersebut:

    Sebagai guru Fisika yang menjadi salah satu representasi Indonesia pada YSEALI STEM Regional Workshop 2018, di Kamboja. Saya belajar banyak mengenai konsep pendidikan Sains (science) yang berkolaborasi dengan berbagai bidang seperti Teknologi (Technology), Teknik (Engineering) dan Matemaika (Mathematics). Dimana STEM Education itu sendiri sudah berkembang cukup lama di Amerika sebagai pendekatan dalam pendidikan Sains. Adapun kegiatan yang saya ikuti meliputi Seminar dan Workshop dari berbagai pakar STEM Amerika dan ASEAN, membentuk projek pembelajaran STEM bersama peserta dari negara lain, serta melakukan kunjungan ke beberapa sektor pendidikan.

    Saat ini, beberapa kalangan ada yang menambahkan disiplin Seni (Art) sebagai bagian dari STEM, sehingga menjadi STEAM. Pendekatan STEAM membawa STEM ke tingkat berikutnya yakni memungkinkan pembelajar untuk menghubungkan pengetahuan mereka di bidang – bidang sains, teknologi, teknik dan matematika melalui seni dan desain. Dalam kesempatan ini, saya kembali terpilih menjadi salah satu representasi Indonesia dalam konferensi besar YSEALI yang diadakan 2 tahun sekali yakni THE 2021 YSEALI SUMMIT: Power of STEAM Education & Workforce Innovation. Program ini merupakan kolaborasi dari Arizona State University dan U.S. Embassy & Consulate Vietnam yang seharusnya akan diadakan pada Agustus – November 2021 di Ho Chi Minh City, Vietnam. Namun karena tingkat penyebaran covid dalam beberapa pekan terakhir meningkat, maka pihak penyelenggara memutuskan untuk mengubah sistem kegiatan menjadi format Virtual dengan tetap menyelenggarakan berbagai agenda dan kegiatan yang interaktif.

    Terima kasih Miss Fitri, selamat dan sukses atas prestasinya. Semoga prestasi ini menginspirasi guru-guru yang lain maupun peserta didik untuk lebih semangat meraih prestasi di masa mendatang. (FW)