• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Berbagi Inspirasi, Berbuah Apresiasi

    Berbagi Inspirasi, Berbuah Apresiasi

    Alhamdulillah, meski masih dalam masa pandemi covid-19, warga SMA Plus Negeri 17 Palembang masih tetap dapat memberikan prestasi. Baik peserta didik maupun guru tetap antusias mengikuti berbagai gelaran lomba yang berkaitan dengan pembelajaran selama pandemi ini. Indah Sensei (guru Bahasa Jepang) memperoleh juara 3 Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia (AGII2020) yang diselenggarakan oleh Quipper dan Fruity Sosro.

    Prestasi yang tidak disangka mengingat kontestan yang berpartisipasi merupakan guru-guru terbaik seluruh Indonesia dengan berbagai inovasi yang disuguhkan. Tak kurang dari 400 guru berlomba menampilkan inovasi kreatif mereka dalam menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik selama pandemi ini.

    Memang, guru-guru harus tetap bisa memenuhi kebutuhan peserta didik dengan menggunakan strategi, teknik dan metode belajar yang kreatif. Kendala komunikasi dan motivasi harus dicarikan solusinya sehingga guru harus memutar otak untuk tetap membangun bangsa melalui Pendidikan yang bermakna.

    Fruit Tea Sosro bekerjasama dengan Quipper telah menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia 2020/2021 (AGII) sejak tanggal 01 s/d 15 Januari 2021. AGII bertujuan untuk memberikan penghargaan bagi para guru dengan mengajak para guru untuk membuat video inspiratif terkait proses belajar mengajar jarak jauh.

    Beragam video yang inovatif dan kreatif telah dikirimkan untuk kemudian diseleksi oleh pihak juri dari perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Bapak H. Yaswardi), Praktisi & Konsultan Pendidikan (Ibu Itje Khodidjah), pihak Quipper serta dari Fruit Tea Sosro.
    Ketentuan lomba video dengan tema “Inspirasi Mengajar di Era Pandemi”, dengan isi konten antara lain:
    Menceritakan kesulitan yang dihadapi selama mengajar di era pandemi, Menceritakan inovasi atau kreativitas yang dilakukan dalam proses pengajaran di era pandemi, Menceritakan dampak yang dirasakan oleh siswa dalam proses pengajaran tersebut.

    Dan kebetulan, Indah sensei rajin mendokumentasikan kegiatan belajar mengajar daring bersama dengan siswa-siswanya sehingga penggambaran yang ada di video adalah nyata dilakukan. Mengikuti perkembangan pembelajaran lewat MGMP dan webinar, membuat konten youtube pembelajaran, menggunakan LMS atau elearning, games, video motivasi, meeting dengan native speaker, dan layanan via wa semua dilakukan untuk memberikan layanan prima kepada peserta didik.

    Di ajang lomba ini, peserta dituntut dapat berbagi kepada guru-guru lainnya agar dapat menjadi inspirasi pembelajaran. Dan hasil akhirnya adalah memiliki dampak yang dapat dirasakan oleh siswa dalam proses pengajaran. Semoga niat baik berbagi tips dan trik mengajar selama pandemi ini dapat bermanfaat untuk rekan guru yang lain dan tetap mengharumkan nama sekolah di tingkat nasional.