• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 088294873406
  • Evaluasi Bugemm Semester Ganjil 2017-2018

    Evaluasi Bugemm Semester Ganjil 2017-2018

    Seluruh peserta didik kelas X dan XI, Kamis dan Jumat (23-24/11) kemarin mengikuti evaluasi karya tulis Budaya Gemar Membaca dan Menulis (Bugemm) semester ganjil Tahun Pelajaran 2017-2018. Peserta didik diwajibkan mempresentasikan karya tulis mereka di hadapan penguji setelah menempuh bimbingan selama satu semester.

    Kegiatan ini merupakan tahap akhir dari rangkaian salah satu program unggulan SMA Plus Negeri 17 Palembang dalam mengembangkan kebiasaan meneliti yang diawali dengan membaca dan menulis karya ilmiah yang dikenal dengan Budaya Gemar Membaca dan Menulis (Bugemm). Ujian ini dikemas dalam bentuk presentasi karya tulis ilmiah sederhana. Siswa dibimbing oleh guru pembimbing Bugemm dan karya mereka diujikan melalui presentasi di hadapan penguji untuk proses penilaian. Program ini sudah ada sejak tahun 2000. Dan sudah sangat dirasakan manfaatnya oleh para alumni.

    Ujian Bugemm atau Evaluasi Bugemm harus diikuti oleh peserta didik sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh sekolah. Evaluasi Bugemm ini dilakukan oleh guru penguji (bukan guru pembimbing dari peserta didik yang bersangkutan). Pada saaat evaluasi, peserta didik mempresentasikan laporan hasil penelitiannya atau resensi dan dilanjutkan dengan pertanyaan dari penguji dan atau peserta ujian yang lain. Semua peserta ujian harus berada di tempat ujian hingga ujian berakhir

    Melalui kegiatan Bugemm, banyak hal positif yang diperoleh peserta didik, guru, dan sekolah. Bagi peserta didik, program ini membiasakan diri mereka untuk memiliki kebiasaan membaca, menulis dan berpikir secara ilmiah. Bagi guru, memacu dan memotivasi profesionalisme dan memantapkan iklim ilmiah di lingkungan sekolah. Selain itu, karakter disiplin, kerja keras dan jujur juga dituntut dalam pelaksanaan Bugemm ini.