• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 088294873406
  • SMA Plus Negeri 17 Palembang: Pembinaan Olimpiade Terprogram

    SMA Plus Negeri 17 Palembang: Pembinaan Olimpiade Terprogram

    Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) di SMA Plus Negeri 17 Palembang dilaksanakan secara terprogram sejak tahun 2005. Setahun berikutnya, di tahun 2006, sekolah menggandeng Lembaga Olimpiade Pendidikan Indonesia (LOPI) dalam bentuk penyediaan soal-soal olimpiade. Soal-soal tersebut untuk melengkapi soal yang disusun oleh guru yang disesuaikan dengan silabus olimpiade.

    Koordinator pembinaan OSN, Widya Grantina, S.Pd., M.T. mengatakan pembinaan OSN di SMA Plus Negeri 17 Palembang diawali dengan rekrutmen peserta. Walikelas dan guru mata pelajaran berperan dalam memberikan info kepada tim siapa saja siswa yang memenuhi syarat, ujar Widya. Ia menambahkan, nama-mana yang didapat selanjutnya diseleksi dengan tes awal sebelum menjadi siswa binaan olimpiade.

    Penyampaian materi dalam pembinaan OSN dijelaskan Widya dengan terlebih dahulu mengupas silabus OSN. Materi disampaikan oleh guru yang ditunjuk sesuai mata pelajaran yang diampu. Dalam pembelajaran praktik, khususnya bidang kimia, sekolah meminjam laboratorium Unsri. Rangkaian pembinaan selanjutnya adalah pembahasan soal-soal. Soal disiapkan oleh tim dengan mengutip dari internet, soal-soal dari LOPI, buku-buku olimpiade dan dari dari guru Pembina. Soal disesuaikan dengan silabus yang diterbitkan penyelenggara olimpiade.

    Pelaksanaan pembinaan dilakukan dua kali seminggu, yakni hari Kamis dan Sabtu. Materi dan soal yang dibahas disesuaikan dengan tahapan seleksi yang akan dihadapi (Olimpiade Sains Kota/OSK, Olimpiade Sains Propinsi (OSP) atau Olimpiade Sains Nasional/ OSN). Menjelang lomba, baik itu OSK, OSP atau OSN) dilaksanakan pembinaan secara intensif selama satu minggu), ujar guru berprestasi Nasional ini.

    Pembinaan olimpiade di SMA Plus Negeri 17 Palembang telah melahirkan para juara baik tingkat kota, provinsi maupun Nasional. Di tingkat Nasional (OSN), siswa SMA Plus Negeri 17 Palembang yang berhasil mengharumkan nama Sumatera Selatan yakni:

    1. KMS Muhammad Aurino (Perunggu Kimia) 2006

    2. Irvan Putra (Perunggu Komputer) 2006

    3. Faras Ghazali (Perunggu Komputer) 2008

    4. Muhammad Afif (Perunggu Kimia) 2010

    5. Dela Ulfiarakhma (Perunggu Kimia) 2012

    6. M. Iqbal Aufarafi (Perunggu Astronomi) 2015

    7. Siti Candisa Azzahra (Perak Geografi) 2016

    Selain pembinaan olimpiade sains, SMA Plus Negeri 17 Palembang juga melaksanakan pembinaan di bidang olahraga (O2SN), bidang seni (FLS2N) dan Debat Bahasa Nasional. Di bidang seni SMA Plus Negeri juga kerap memboyong prestasi Nasional, termasuk dalam Debat Nasional tahun 2014 yang meraih juara dua Nasional.