• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Pelaksanaan UNBK SMA Plus Negeri 17 Palembang Tahun 2016

    Pelaksanaan UNBK SMA Plus Negeri 17 Palembang Tahun 2016

    Dua ratus sembilan puluh delapan peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang, kelas XII, untuk pertama kalinya melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2016 kemarin, Senin (04/04) di tiga ruang laboratorium komputer.

    SMA Plus Negeri 17 Palembang mendukung program pemerintah untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Peserta Ujian Nasional akan melaksanakan UN mereka melalui komputer di sekolah dimana penggunaan komputer ini dirasa tepat dengan makin pesatnya perkembangan teknologi di tanah air dan juga kemampuan adaptasi peserta didik terhadap penggunaan komputer.

    Sekolah telah mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam menghadapi UNBK ini. Dengan diadakannya UNBK ini, maka pelaksanaan UN tidak lagi menggunakan kertas seperti tahun-tahun sebelumnya. Jawaban peserta didik akan langsung diunggah ke server Kementerian Pendidikan. Hasilnya tetap akan diumumkan secara nasional bersamaan dengan nilai sekolah lain yang masih menggunakan metode konvensional .

    Pelaksanaan UNBK hari pertama kemarin berjalan tertib dan lancar tanpa ada kendala sedikitpun. Peserta didik tidak gugup dan sudah terbiasa karena sebelumnya juga diberikan simulasi sebanyak tiga kali. Dengan UNBK maka saat ujian berlangsung peserta ujian tidak perlu lagi menuliskan nama lengkap, nomor induk siswa dan lain-lain, tinggal memasukkan’username’ dan ‘password’ tidak perlu isi nama dan lain-lain seperti UN konvensional.

    Beda dengan ujian pakai kertas , keitka menjawab soal salah harus dihapus sebersih mungkin dan harus hati-hati biar tidak kotor atau robek. Dengan UNBK, jawab soal salah tinggal diganti . Dengan UNBK tidak dikhawatirkan lagi ada kebocoran soal. Selain pelaksanaannya yang mudah, upaya untuk melakukan kecurangan juga tidak bisa dilakukan karena di dalam satu ruangan, setiap soal untuk siswa juga berbeda. UNBK ini menghemat waktu dan sangat efisien, juga lebih interaktif dengan siswa karena soal bisa berupa gambar

    .