• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Selatan 2016

    Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Selatan 2016

    Tiga belas peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi (OSP) Sumatera Selatan. Pelaksanaan seleksi OSP 2016 ini berlangsung tadi pagi, Kamis (24/03) berlokasi di SMA Negeri 13 Palembang dan SMK Negeri 2 Palembang.

    Setelah melewati  tahapan seleksi berjenjang mulai dari tingkat sekolah dan kabupaten/kota, akhirnya terpilihlah para peserta didik terbaik bidang sains dari seluruh kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan untuk bersaing lagi dalam olimpiade sains tingkat provinsi (OSP). Seperti di tingkat  kabupaten/kota, seleksi tingkat provinsi ini dilaksanakan serentak pada 22-24 Maret 2016.  Ajang OSP ini merupakan seleksi penentuan, lolos atau tidaknya mereka ke tingkat yang lebih tinggi lagi,  Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang akan digelar di Palembang pada tanggal 15-21 Mei 2016 mendatang.

    Tujuan dari seleksi olimpiade sains tingkat provinsi adalah untuk memfasilitasi dan menjaring siswa SMA /MA yang memiliki potensi, bakat, dan minat dalam bidang sains. Pada seleksi tingkat provinsi ini tercatat sekitar lima ratus peserta dari 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan termasuk diantaranya tiga belas peserta didik SMA Plus Negeri 27 Palembang yang mewakili Kota Palembang bersaing dalam sembilan (9) bidang lomba sains : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Mereka ini merupakan siswa-siswa terpilih, hasil seleksi dari olimpiade sains tingkat kabupaten kota yang diselenggarakan pada bulan Februari 2016 yang lalu.

    Olimpiade Sains Nasional ini merupakan unjuk prestasi anak-anak bangsa dan mereka yang tampil ini juga menjadi kebanggaan daerah masing-masing. Menjadi juara di tingkat kabupaten saja sudah menjadi sebuah kebanggaan, apalagi kemudian juga di tingkat provinsi, bahkan nasional apalagi internasional. Ini tentunya juga akan berimbas pada peningkatan mutu pendidikan ke depannya. Semoga pada  OSP tahun ini kita akan mendapatkan peserta didik terbaik SMA Plus Negeri 17 Palembang yang akan maju ke tingkat nasional yang  pelaksanaannya bertepatan juga di kpta Palembang.