• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Workshop Pengajaran Bahasa Inggris bagi Guru SMP/SMA

    Workshop Pengajaran Bahasa Inggris bagi Guru SMP/SMA

    Bertempat di Aula lantai 3 gedung B SMA Plus Negeri 17 Palembang diselenggarakan Workshop Pengajaran Bahasa Inggris bagi guru SMP dan SMA di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Palembang, hari Rabu-Kamis (24-25/02) kemarin. Kegiatan ini menghadirkan Mr. Rob Tunnel dari Center of British Teacher (CfBT) Brunei Darussalam.

    Workshop ini digagas oleh UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) yang merintis kerjasama pendidikan dengan CfBT (Center for British Teachers) Brunei Darussalam. Kerjasama ini adalah dalam bidang peningkatan pembelajaran bahasa Inggris SMP, dan SMA. Penelitian berlokasi di Indonesia dan mengambil sampel di tiga kota yang mencerminkan wilayah Indonesia termasuk Palembang wakil Indonesia Barat, Makasar untuk bagian tengah dan Sumbawa Besar mewakili Indonesia Timur. Keberadaan penelitian ini sangat penting untuk mengetahui posisi pengajaran bahasa Inggris di negera anggota ASEAN dan sangat besar kontribusinya bagi pembentukan masyarakat ekonomi ASEAN.Penelitian serupa dilakukan di tiga negara yaitu Laos, Thailand dan Indonesia.

    Rangkaian kegiatan workshop selama dua hari kemarin merupakan bagian dari penelitian yang diawali dengan kunjungan Mr. Rob Tunnel dan Dr. Abukh ke SMA Plus Negeri 17 Palembang dan SMP Negeri 1 Palembang untuk bertemu dengan guru-guru bahasa Inggris untuk dijadikan “Case Study Teacher”. Guru-guru yang terpilih dalam Case Study Teacher ini antara lain Drs. Arpani, M.Pd., Marwiyah, M.Pd., Zuhdi Bay, M.Pd., Erdest maboti, M.Pd, Maya E. manalu, S.pd., dan Tri Yuliza Aditami, M.Pd.

    Proses seleksi tersebut, dari semua guru bahasa Inggris yang ada di SMA Plus Negeri 17 Palembang dan SMP Negeri 1 Palembang diseleksi dengan pengamatan pada saat mengajar. Tentu diawali dengan izin dari guru yang bersangkutan. Seelah itu, guru mengisi angket seputar proses belajar mengajar bahasa Inggris selama ini. Tahap akhir, pihak peneliti UPI Bandung diwakili Dr. Ahmad Bukhori Muslim dan CfBT diwakili Mr. Rob Tunnel memilih dua guru SMA dan empat guru SMP tersebut menajdi Case Study Teacher. Enam orang case study teacher diwawancarai tentang berbagai hal oleh pihak peneliti UPI bandung dan hasil penelitian ini akan dimasukkan dalam jurnal internasional.

    Berikutnya diadakan workshop yang dihadiri oleh dua puluh guru SMP/SMA di lingkungan Disdikpora Palembang. Workshop yang diisampaikan langsung oleh Mr. Rob Tunnel berjalan lancar dengan rangkaian materi pengajaran keterampilan menyimak, Pengembangan Pengajaran Keterampilan Berbicara dan mendengar, pengajran kosa kata, dan sesi terakhir berupa pengembangan pengajaran kosa kata.