• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Universitas Luar Negeri Incar Siswa Unggulan

    Universitas Luar Negeri Incar Siswa Unggulan

    Universitas di Prancis, Jerman dan Tiongkok  menawarkan beasiswa untuk menempuh pendidikan di luar negeri di SMA Plus Negeri 17 Palembang, kemarin.  Sosialisasi dilakukan oleh Exzellenz Institut Jerman dan Prancis  yang dimotori oleh Habibi Center dan Yancheng Institut of Health Sciences, Tiongkok. Universitas  yang menawarkan beasiswa tersebut  yakni Universite Lille, Universite Bordeaux, Aix Marseille Universite, adalah Exzellen Institute, Universite Paris, Universite de Caen Basse-Normadie, Universite Montpellier, dan Universitas terbaik di Jerman.

    Donny Putra, dari Exzellenz Institut (Habibi Center) mengatakan pihaknya sengaja turun ke daerah-daerah untuk mencari bibit unggul yang sanggup bersaing di dunia Internasional. Pihaknya ingin membuka wawasan siswa untuk mengetahui peluang kuliah di luar negeri. SMA Plus Negeri 17 palembang terpilih untuk memperoleh tawaran beasisiswa yang kuotanya hanya 100 orang untuk seluruh Indonesia.

    Ia mengatakan, peluang  siswa unggulan sangat besar untuk diterima dan memperoleh beasiswa pendidikan. “Pak Habibi kuliahnya di Jerman, dan gratis. Kami mencari habibi-habibi yang lain di sini,” ujarnya.

    Sementara, Mr Thang dari Yancheng Institut of Health Sciences, Tiongkok. Mengatakan hal senada. Menurutnya biaya kuliah di luar negeri tidak semahal yang dibayangkan. Di sana mahasiswa bisa kuliah sambil kerja. Dalam kesempatan sosialisasi ini, Mr Thang menghadirkan mahasiswa asal Palembang yang sedang berkuliah di Tiongkok.

    Ia menuturkan, kendala kedua yang ditakuti calon mahasiswa adalah bahasa, padahal menurutnya bahasa bisa dipelajari. “ mereka sudah sangat baik berbahasa Toingkok, padahal dulu tidak bisa sama sekali,” katanya mencontohkan dua mahasiswa yang hadir bersamanya.

    Kepala SMA Plus Negeri 17 Palembang, Parmin S.Pd, M.M. mengatakan, pihaknya membuka peluang seluas-luasnya bagi siswa untuk mengenal perguruan tinggi di Indonesia bahkan di luar negeri, apalagi terkait informasi tentang beasiswa. “menambah wawasan dan memotivasi siswa agar mempersiapkan diri dengan baik,” ujarnya. (af)