• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Membangun Jiwa Kewirausahaan Warga Sekolah

    Membangun Jiwa Kewirausahaan Warga Sekolah

    Hari ini, Senin (18/01) SMA Plus Negeri 17 Palembang mengadakan kegiatan berupa workshop membangun jiwa kewirausahaan warga sekolah. Kegiatan ini menghadirkan praktisi/pengusaha yang telah memiliki banyak pengalaman di bidang entrepreneur di Palembang, Bapak Teddy Yoseph Rizal.

    Kegiatan ini diikuti oleh seluruh wali kelas dan perwakilan kelas mulai dari kelas X, XI, dan XII yang sangat antusias mengikuti dari awal sampai akhir acara ini. Pendidikan kewirausahaan/entrepreneurship dirancang untuk menanamkan kompetensi, keterampilan dan nilai-nilai yang diperlukan dalam mengenali peluang bisnis, mengatur dan memulai usaha baru.

    Dan Bapak Teddy memberikan tips dan saran untuk peserta workshop kunci sukses berwira usaha.:

    1. Tulis semua impian anda. Mulailah mencatat semua impian dan cita-cita di kehidupan anda, apa pun itu. Kelak akan memicu anda untuk berbuat banyak guna mencapai tujuan anda tersebut.

    2. Yakin pada kekuatan diri sendiri. Sugesti ini akan menimbulkan energi positif dalam pribadi dan membuat kita menjadi berpikir positif dan berani menghadapi tantangan.

    3. Bertemanlah dengan orang-orang yang senang dengan bidang anda terutama untuk berwira usaha. tak kenal maka tak tahu, tak tahu maka tak sayang. Ungkapan ini tepat untuk menggambarkan tips yang dijelaskan di atas. Dengan berkumpul dengan pengusaha, maka kita akan tahu seperti apa dunia usaha yang sebenarnya, sehingga argumen-argumen yang menggejolak di dalam diri kita akan terkoreksi ketika mengetahui seperti apa dunia wirausaha yang sebenarnya

    4. Agar kita lebih yakin untuk melangkah, kita butuh buku panduan. Contoh panduan adalah dengan sering mengikuti seminar dan workshop-workshop kewirausahaan yang sering diselenggarakan oleh berbagai pihak.

    5. Dan terakhir adalah berani mencoba. Ada pepatah yang bilang, seseorang pasti bisa kalau dipaksa. Sebenarnya segala ketakutan anda mengenai dunia usaha perlahan pasti akan luntur seandainya anda langsung mencoba terjun untuk berwirausaha.

    Demikian beberapa tips berwirausaha yang disampaikan Pak Teddy dengan uraian yang jelas. Acara lebih meriah setelah dilakukan sesi tanya jawab dan pembagian hadiah. Dan kegiatan ini berakhir pada pukul 11.00 WIB dengan foto bersama dan pemberian cindera mata dari SMA Plus Negeri 17 Palembang kepada Bapak Teddy.