• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Simulasi UN Berbasis Komputer Tahap Pertama

    Simulasi UN Berbasis Komputer Tahap Pertama

    Persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Plus Negeri 17 Palembang terus dimantapkan, Berbagai hal baik teknis dan non teknis diantisipasi sedini mungkin untuk kelancaran Ujian Nasional Tahun 2016. Dan hari ini, Rabu (23/12) diadakan simulasi UN Online di Laboratorium Komputer.

    Beberapa tahapan sudah dilaksanakan seperti pendaftaran sekolah calon peserta UNBK, sosialisasi dan pelatihan teknis dari tim teknis provinsi, verifikasi kesiapan sekolah, serta simulasi ujian seperti yang dilakukan hari ini adalah wujud komitmen SMA Plus Negeri 17 Palembang untuk melaksanakan UNBK Tahun 2016.

    “Simulasi ini untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan jaringan, sarana dan prasarana serta teknis mengerjakan soal oleh peserta didik,” ungkap Bapak Abdul Kohar, S.Kom. selaku Koordinator Bidang TIK SMA Plus Negeri 17 Palembang. Simulasi berjalan lebih kurang 120 menit dan peserta didik mengerjakan dua mata pelajaran yaitu Bahasa Inggris dan Matematika berjalan dengan lancar. Peserta didik terlihat sudah terbiasa menggunakan komputer sehingga tidak ada kendala yang berarti pada simulasi perdana ini.

    UNBK atau sebelumnya dikenal dengan nama UN CBT, merupakan proses pelaksanaan Ujian Nasional yang menggunakan bantuan IT. Tujuan dari UNBK sendiri adalah supaya peserta didik dapat lebih konsentrasi dari memindah jawaban ke media kertas kini cukup dengan klik jawaban dengan media online sehingga mengurangi penggunaan kertas dan menerapkan green governance. Dan yang terpenting dalam pelaksanaan UNBK adalah indek integritas yakni kejujuran dan tidak ada kecurangan karena dengan UNBK diakui tingkat kecurangan dapat diminimalisasi.