• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Hari Kelima: Tiba di Kota Semarang dan Yogyakarta

    Hari Kelima: Tiba di Kota Semarang dan Yogyakarta

    Rombongan peserta wisata edukasi SMA Plus Negeri 17 Palembang telah sampai kota Semarang dan Yogyakarta, Jumat (18/11). Tempat persinggahan kali ini adalah kampus Akademi Kepolisian (AKPOL) dan Universitas Gadjah Mada dimana di kedua kampus tersebut banyak alumni SMA Plus Negeri 17 Palembang melanjutkan jenjang studinya.

    Rasa bangga sekaligus terharu rombongan wisata edukasi terutama guru dan karyawan SMA Plus Negeri 17 Palembang ketika disambut hangat oleh taruna-taruni AKPOL yang merupakan alumni SMA tercinta. Tepat pukul 08.20 bertempat di Gedung Paramarta AKPOL Semarang rombongan dari Palembang diperkenalkan dengan perwakilan taruna-taruni AKPOL dari Palembang, Jambi, Jakarta, Bandung, Jatim, Makasar dan lain-lain. Dilanjutkan kata sambutan pihak AKPOL oleh Bapak Hadi  (Kasubag Humas AKPOL).

    Beliau berharap dalam kesempatan ini semua mendapatkan informasi yang cukup sebagai bahan perenungan untuk yang mempunyai cita-cita menjadi PerwiraPolri di AKPOL. Kemudian sambutan dari pihak SMA Plus Negeri 17 Palembang oleh Drs. Arpani, M.Pd. berupa ucapan terima kasih sebesar-besarnya karena telah disambut dengan sangat hangat, sehingga sangat memotivasi peserta didik kami dan berharap dapat memberi pencerahan bagi yang punya keinginan mengabdikan diri kepada negara melalui AKPOL ini.

    Akademi Kepolisian atau sering disingkat AKPOL adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kalemdikpol. Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010 Akpol bertujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi. Lama pendidikan 4 tahun dengan output pangkat Inspektur Dua Polisi. Pendekatan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan.

    AKPOL sebagai lembaga pendidikan kedinasan pembentukan Calon Perwira Polri memegang peran yang sangat strategis dalam proses pembinaan sumberdaya manusia. Maka banyak lulusan dari SMA Plus Negeri 17 Palembang yang berminat melanjutkan pendidikan di lembaga ini.

    Prinsip dasar kehidupan yang diajarkan di AKPOL antara lain: etika sebagai prinsip dasar dalam kehidupan seperti kejujuran dan integritas, bertanggung jawab, hormat pada aturan dan hukun masyarakat, hormat pada orang/warga lain, cinta pada pekerjaan, berusaha keras untuk menabung, mau bekerja keras dan tepat waktu.

    Untuk kunjungan di Yogyakarta, dikarenakan waktu dan kondisi hujan, rencana berkeliling UGM kemungkinan baru dapat dilaksanakan esok hari. Sampai dengan berita ini diturunkan, rombongan sudah berada di Yogyakarta dan menuju penginapan.