• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 088294873406
  • Faishal Menangi Scrabble Nasional

    Faishal Menangi Scrabble Nasional

    PALEMBANG-Menyukai  bahasa Inggris sejak kecil mengantarkan M. Faishal Zamzani, siswa kelas XI SMA Plus Negeri 17 Palembang meraih juara II Scrabble Competition tingkat Nasional di Jakarta yang diselenggarakan oleh President University  beberapa waktu lalu. Menurut Faishal, scrabble merupakan permainan yang menantang karena membutuhkan strategi yang dibarengi dengan kemampuan berbahasa yang tinggi.

    Kecintaannya pada permainan ini membuat ia semakin tekun mempelajari bahasa Ingrris dan siasat-siasat untuk memenangkan pertandingan. “Main scrabble bisa meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris,” ujarnya beberapa waktu lalu.

    Ia mengaku untuk mengikuti berbagai kompetisi tidaklah semudah yang dibayangkan. Selain harus pandai  membagi waktu, ia juga harus mengejar materi pelajaran yang ditinggalkan di sekolah. Walau demikian dukungan orangtua membuat Faishal nyaman ketika hendak berkompetisi.

    Putra pertama pasangan M. Fatahillah Zamzani dan Aryani Aziz ini mengaku awalnya dipaksa guru mengikuti lomba scrable.  Namun  kompetisi scrabble yang diikutinya saat di bangku SD itu ternyata menjadi awal petualangannya di dunia permainan yang populer di kalangan pelajar ini. Beberapa kompetisi diikutinya mulai tingkat kota, provinsi bahkan tingkat Nasional dan selalu menuai juara.

    Ia mengaku tidak punya target khusus tentang kesukaannya ini.  Ia hanya mengejar berbagai prestasi untuk mengisi masa mudanya. “Kepingin buat orangtua bangga,” katanya.

    Lagi pula menurut Faishal, belajar dan mengasah keterampilan berbahasa Inggris sangatlah penting karena setiap pekerjaan butuh Bahasa Inggris.  Oleh karena itu berbagai kendala yang pastinya dihadapi akan disingkirkan dengan berbagai upaya. “Tidak akan ada yang bisa menghentikanmu selagi kamu ada kemauan,” ujarnya. (af)