• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • IHT Program Pendampingan Implementasi K-13

    IHT Program Pendampingan Implementasi K-13

    Selama tiga hari ini, Kamis- Sabtu (22-24/10), SMA Plus Negeri 17 Palembang mengadakan IHT (In House Training) Program Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 di Aula lantai 3 Gedung B. Acara ini dibuka langsung oleh Kabid SMP/SM Disdikpora Kota Palembang, Bapak Drs. Lukman Haris, M.M. sekaligus sebagai nara sumber.

    Nara sumber dan fasilitator acara IHT ini adalah Bapak Drs. H. I Gede Mendera, M.T., Noli Wibowo, S.pd., M.Pd., Ibu Theresia Dwi Rosmawati, S.Pd., Dra. Hj. Ria Wilastri, M.M., dan Bapak Yasrif Hidayat, S.Pd., M.Kes. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru SMA Plus Negeri 17 Palembang yang selama tiga hari ini mengikuti pelatihan dengan antusiasme yang tinggi. Para fasilitator dan pendamping menilai bahwa guru-guru SMA Plus Negeri 17 Palembang begitu semngat terbukti dari keingingan untuk bertanya lebih mendalam tentang implementasi Kurikulum 2013 yang semakin dinamis di tahun ketiga pelaksanaannya di sekolah ini.

    Kegiatan IHT pendampingan implementasi Kurikulum 2013 yang dilaksanakan di SMA Plus Negeri 17 Palembang merupakan program dari Direktorat Pembinaan SMA tahun anggaran 2015. Pada hari pertama, berupa pembukaan dan pengarahan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang diwakili oleh Bapak Drs. Lukman Haris, M.M.. Dilanjutkan dengan materi penguatan terhadap kinerja guru oleh Pengawas Pembina SMA Plus Negeri 17 Palembang, Bapak Bukhari. Setelah itu materi tentang filosofi, kerangaka dasar, struktur KTSP SMA, peminatan dan lintas minat serta budaya sekolah oleh Bapak Noli Wibowo, S.Pd., M.Pd.

    Pada hari kedua kemarin, IHT dilanjutkan dengan pemaparan Bapak Drs. H. I Gede Mendera, M.T. yang merupakan guru SMA Plus Negeri 17 Palembang sekaligus anggota Tim 60 Nasional Kurikulum 2013 berupa pembelajaran dan penilaian, RPP, e-rapor dan pembahasan soal tipe Higher Order Thinking atau HOTS.  Kegiatan di hari kedua ini, peserta IHT yang terdiri dari seluruh guru SMA Plus Negeri 17 Palembang didak hanya mendengarkan paparan, tetapi juga melaksanakan praktik dan analisis materi yang diberikan seperti memvalidasi KTSP, menganalisis RPP dan membuat contoh soal HOTS.

    Di hari ketiga atau terakhir, peserta di berikan materi lanjutan soal HOTS oleh Ibu Theresia Dwi Rosmawati, S.Pd. dilanjutkan dengan materi kepramukaan dan Mulok oleh Bapak Yasril Hidayat, S.Pd., MKes. Rangkaina acara IHT tidak melulu diisi dengan kegiatan serius, tapi juga diselingi dengan hiburan untuk mencairkan suasana. Akhirnya tepat pukul 14.00 WIB semua rangkaian acara IHT Program Pendampingan Kurikulum 2013 Tahun 2015 ini ditutup secra resmi oleh Bapak Kepala Sekolah. Dalam kata sambutannya, Bapak Kepala Sekolah berpesan agar apa yang diperoleh pada tiga hari ini dapat direalisasikan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah kita dengan sebaik-baiknya.