• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Kegiatan dan Prestasi Seventeen Scrabble Community

    Kegiatan dan Prestasi Seventeen Scrabble Community

    Dalam mengembangkan minat dan bakat, berbagai cara dilakukan oleh peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang untuk mengeksplorasi kemampuan diri mereka, salah satunya diekspresikan dalam bentuk komunitas scrabble SMA Plus Negeri 17 Palembang yang bernama Seventeen Scrabble Community (SSC).

    Kata scrabble mungkin tidak asing lagi terdengar di telinga kita, karena permainan kata yang menarik dan menantang satu ini menuntut pemainnya untuk membentuk kata dalam Bahasa Inggris disertai dengan batas waktu tertentu dengan tujuan untuk memenangkan permainan dengan cara mencetak skor sebanyak-banyaknya, sehingga memerlukan kecepatan, kecerdasan, dan ketanggapan bagi pemainnya dalam bermain scrabble yang pastinya sangat bermanfaat dalam proses perkembangan dan pembelajaran terutama pelajaran Bahasa Inggris.

    Didirikan pada 25 Juli 2014, bertepatan dengan 2 hari sebelum Dies Natalis SMA Plus Negeri 17 Palembang yang ke-17, komunitas ini merayakan hari jadinya yang pertama pada 25 Juli 2015 lalu. Komunitas ini didirikan atas dasar kesadaran untuk mewadahi para peminat scrabble di kalangan siswa SMA Plus Negeri 17 Palembang agar dapat mengembangkan dan mengarahkan minatnya menjadi sesuatu yang berharga yang bukan hanya sekedar minat saja.

    Seventeen Scrabble Community (SSC) ini diketuai oleh Maulana Muammar Afifi dibantu dengan wakil 1 Septian Moufti Galih dan wakil 2 Garnadi Satya Nugraha, saat ini mempunyai anggota sebanyak 15 siswa tercakup mulai dari kelas X, XI, dan XII.

    Ternyata umur yang masih seumur jagung bukan menjadi penghalang bagi Seventeen Scrabble Community dalam mencetak prestasi, berbagai prestasi telah diraih oleh anggota SSC dalam jangka satu tahun ini baik di tingkat kota, provinsi, bahkan nasional.

    Berikut ini adalah daftar prestasi yang telah berhasil diraih oleh anggota SSC dalam periode 2014-2015:

    A. Nasional:

    1. Caesar R.A Nasution (Penghargaan Best Highschool Student pada Eso National Scrabble Competition (ENSC) Tahun 2014 di Universitas Lampung (UNILA)).

    B. Provinsi

    1. Maulana Muammar Afifi (Juara 1 Scrabble pada Edufest Tahun 2015 di SMA Negeri Unggulan 3 Kayu Agung di Tingkat Provinsi Sumatera Selatan)

    2. Garnadi Satya Nugraha (Juara 2 Scrabble pada Edufest Tahun 2015 di SMA Negeri Unggulan 3 Kayu Agung di Tingkat Provinsi Sumatera Selatan).

    3. Caesar R.A Nasution (Juara 3 Scrabble pada Edufest Tahun 2015 di SMA Negeri Unggulan 3 Kayu Agung di Tingkat Provinsi Sumatera Selatan).

    4. Septian Moufti Galih (Juara 1 Scrabble pada Alfurqon English Festival (AEF) Tahun 2015 di SMP & SMA IT Alfurqon di Tingkat Provinsi Sumatera Selatan).

    5. Maulana Muammar Afifi (Juara 2 Scrabble pada Alfurqon English Festival (AEF) Tahun 2015 di SMP & SMA IT Alfurqon di Tingkat Provinsi Sumatera Selatan).

    6. M. Faishal Zamzami (Juara 3 Scrabble pada Alfurqon English Festival (AEF) Tahun 2015 di SMP & SMA IT Alfurqon di Tingkat Provinsi Sumatera Selatan).

    7. Maulana Muammar Afifi (Juara 1 Scrabble pada SMABA Scrabble Competition Tahun 2015 di SMA Bukit Asam Tanjung Enim di Tingkat Provinsi Sumatera Selatan).

    8. Septian Moufti Galih (Juara 2 Scrabble pada SMABA Scrabble Competition Tahun 2015 di SMA Bukit Asam Tanjung Enim di Tingkat Provinsi Sumatera Selatan).

    Selain itu, anggota Seventeen Scrabble Community juga mempunyai berbagai pengalaman dalam mengikuti berbagai lomba scrabble di tingkat nasional sebagai berikut:

    1. Maulana Muammar Afifi, Septian Moufti Galih, M. Raflyudin, M. Firhan Riduan, dan Caesar R.A Nasution sebagai peserta dalam Eso National Scrabble Competition (ENSC) Tahun 2014 di Universitas Lampung (UNILA)

    2. M. Raflyudin, M. Firhan Riduan, Maulana Muammar Afifi, dan Septian Moufti Galih sebagai peserta dalam Indonesia Scrabble Challenge (ISC) Tahun 2014 di Palembang.

    3. Maulana Muammar Afifi sebagai peserta dalam The Nationals Tahun 2015 di Universitas Trisakti School of Management (TSM) di Jakarta.

    Anggota Seventeen Scrabble Community yang berpartisipasi dalam lomba scrabble tingkat nasional telah mendapat peringkat nasional dari Indonesian Scrabble Federation (ISF) yang bisa dilihat pada tautan ini (indonesianscrabble.org/ratings/ranking).