• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • BI Perwakilan Sumsel Gelar Bank Indonesia Mengajar

    BI Perwakilan Sumsel Gelar Bank Indonesia Mengajar

    Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan, kemarin Kamis (20/08) mengadakan kegiatan “Bank Indonesia Mengajar” bertempat di Aula SMA Plus Negeri 17 Palembang.  Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan Bapak Hamid Ponco Wibowo.

    Acara yang melibatkan seluruh peserta didik kelas X, Kepala Sekolah, dan guru SMA Plus Negeri 17 Palembang ini diawali dengan kata sambutan Bapak Parmin S.Pd., M.M. selaku Kepala Sekolah yang memberikan apresiasi tinggi kepada pihak Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan yang mengadakan kegiatan sosialisasi tentang kebanksentralan Indonesia. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas bantuan program sosila Bank Indonesia untuk sarana dan prasarana sekolah bernilai tujuh juta rupiah yang disampaikan langsung pada acara ini.

    Setelah sambutan Bapak Kepala Sekolah, acara dilanjutkan dengan sambutan pihak Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan oleh Bapak Hamid Ponco Wibowo sekaligus pemberian bantuan sarana dan prasarana secara simbolis. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian informasi oleh Pimpinan Bank Indonesia Sumatera Selatan tentang kebanksentralan terkait tugas-tugas Bank Indonesia.

    Bank Sentral adalah bank yang memegang simpanan bank lain dan menggunakannya untuk settlement pembayaran antar bank (singleton, 2011). Adapun tugas bank sentral adalah:

    1. Pengendalian kebijakan moneter

    2. Pengelolaan nilai tukar dan cadangan devisa

    3. Agen fiscal

    4. Sebagai lender of last resort

    5. Mengawasi dan mengatur perbankan

    6. Mengelola system pembayaran

    7. Mengelola dan memelihara mata uang