• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 088294873406
  • Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum 2013 TP 2015-2016

    Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum 2013 TP 2015-2016

    SMA Plus Negeri 17 Palembang mengadakan Workshop Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2015-2016 bertempat di Aula Gedung B, Rabu-Kamis (29-30/07). Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Disdikpora Kota Palembang, Bapak Ahmad Zulinto, S.Pd., M.M. sekaligus pembinaan terhadap guru-guru SMA Plus Negeri 17 Palembang.

    Kegiatan Workshop Kurikulum 2013 yang dilaksanakan di SMA Plus Negeri 17 Palembang ini merupakan program sekolah bidang kurikulum dalam menghadapi tahun pelajaran yang baru guna mempersiapkan materi pembelajaran mendatang. Program tersebut dilakukan dalam rangka memperkuat pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Plus Negeri 17 Palembang yang sudah berjalan untuk tahun yang ketiga. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 58 guru di lingkungan SMA Plus Negeri 17 Palembang.

    Untuk memperkuat implementasi pelaksanaan Kurikulum 2013 sekaligus mengupdate informasi terbaru tentang Kurikulum 2013, panitia pelaksana mengahadirkan nara sumber Bapak Drs. H. I Gede Mandera, M.T. dan fasilitator Bapak Noli Wibowo, M.Pd., Ibu Dra. Hj. Ria Wilastri dan Bapak Erhanudin, M.Pd. Materi pokok workshop ini antara lain mengenai Pembelajaran Saintifik dan Model Pembelajaran (Inkuiri, Diskoveri, Problem, Projek), Penilaian Autentik dan Laporan, Pengembangan RPP, Analisis  dan Pengembangan bahan ajar.

    Dan hari Senin (03/08) kemarin, guru-guru SMA Plus Negeri 17 Palembang juga mendapatkan pembinaan dari Kepala UPTD Kecamatan Sukarami dan Koordinator Pengawas SMA Plus Negeri 17 Palembang.  Dalam kesempatan ini diberikan pencerahan dan sekaligus pemantapan tugas pokok guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing dan pelatih peserta didik. Disamping itu disampaikan juga pentingnya proses perencanaan, penilaian, analsis serta pengayaan dan remedial dalam proses pembelajaran.

    Pembinaan guru merupakan salah satu fungsi dari manajemen sumberdaya manusia (SDM) pendidikan. Manajemen sumberdaya pendidikan adalah proses memberdayakan personil, khususnya pendidik dan tenaga kependidikan untuk mencapai tujuan lembaga pendidikan formal secara efektif dan efisien. Sumber daya manusia menjadi hal yang sangat dominan dalam proses pendidikan, hal ini juga berarti bahwa mengelola SDM merupakan bidang yang sangat penting dalam melaksanakan proses pendidikan/pembelajaran di sekolah.