• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Jadikan Sekolah Tempat Menempa Diri

    Jadikan Sekolah Tempat Menempa Diri

    PALEMBANG-Sekolah hendaknya dijadikan tempat untuk menempa diri. Hal itu disampaikan Kepala Bagian Penjaminan Mutu Institut Teknologi Bandung (ITB),  Prof Dr Ir Ichsan Setya Putra di hadapan ratusan siswa dalam sosialisasi ITB di SMA Plus Negeri 17 Palembang.

    “Sesungguhnya kita memiliki kemampuan di luar pemikiran kita,” ujarnya beberapa waktu lalu.

    Ichsan menceritakan pengalamannya menempuh pendidikan di Belanda dengan berbagai rintangan yang baginya saat itu mustahil diatasi. Namun, berkat keyakinan akan kemampuan diri, ia berhasil penyelesaikan program doktornya.

    Dikatakan Ichsan, masa depannya dan masa depan siswa di hadapannya berbeda.  Perbedaan yang sangat drastis itu disebabkan oleh kemajuan teknologi. Oleh karena itu siswa hendaknya mengikuti perkembangan teknologi yang demikian pesat.

    “Di tahun 2013, diramalkan 50 % pekerjaan akan hilang. Ini karena kemajuan teknologi. Kalian harus siap belajar hal-hal yang baru. Sepanjang hayat,” katanya.

    Ichsan mengajak siswa untuk tidak ragu memilih perguruan tinggi yang diinginkan karena banyak beasiswa yang ditawarkan di perguruan tinggi.

    Ditambahkannya, selain potensi dan kesempatan, kerja keras dan kebiasaan sangat berpengaruh dalam perjalanan menuju kesuksesan. “Potensi dan kesempatan itu dari Tuhan, namun kerja keras dan kebiasaan muncul dari diri sendiri,” tandasnya.

    Sosialisasi dari ITB ini menuai antusias siswa. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan siswa dalam sesi tanya jawab. (af)