• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Seleksi Indonesia Future Leaders Program

    Seleksi Indonesia Future Leaders Program

    Kemarin siang, Senin (30/03) bertempat di Aula Gedung B SMA Plus Negeri 17 Palembang dilaksanakan kegiatan seleksi Indonesia Future Leaders Program (IFLP). Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan peserta didik dari beberapa sekolah di Palembang.

    Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program IndonesiaMOTIV or MotivasiIndonesia yaitu inisiatif atau gerakan  masyarakat sipil yang bertujuan membantu peningkatan intelektualisme siswa menuju pendidikan tinggi. Indonesiamotiv bermarkas di Surabaya yang secara berkesinambungan mengadakan program Motivational Workshop motivasi, Geoscience, dan Science Workshop

    Berdiri 2009 tetapi secara resmi tahun 2010, Indonesia Motiv adalah organisasi non-profit yang semata-mata memberikan akses yang luas bagi pemuda harapan bangsa untuk mengenyam pendidikan formal dan informal di level internasional.

    Untuk menunjukkan kepeduliannya kepada  ragam peserta didik, Indonesia Motiv memberikan beasiswa, menolong mereka mengembangkan dan terlibat dalam menciptakan perubahan-perubahan di dalam masyarakat. Dalam lingkung ini, Indonesia Motiv telah mengembangkan beberapa program antara lain; Book Drops Indonesia, Craft Production and Market Intervention, and various environmental-friendly program seperti beach cleaning, sumur resapan (biopori). Sejak tahun 2012, IndonesiaMotiv telah bekerjasama dengan Northen Illinois University in DeKalb, Illinois USA untuk mengembangkan pelatihan kepemimpinan yang dinamakan Indonesia Future Leaders Program (IFLP). Sasaran program ini adalah peserta didik SMA di 5 provinsi yaitu Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, NTB, dan Sumatera Selatan.

    Ada beberapa program yang digarap oleh Lembaga Indonesia Motiv antara lain::

    1. Beasiswa Kepada Siswa Berprestasi

    2. Training Motivasi Siswa SMA

    3. Workshop Untuk Olimpiade Kebumian  dan Geografi

    4. Community Works

    5. Indonesia Future Leaders Program

     

    INDONESIA FUTURE LEADERS PROGRAM (IFLP)

    Model program yang menekankan tentang pengembangan kepemimpinan dengan melibatkan sekolah, orang tua organisasi masyarakat (community). Program pemberdayaan pemuda sering dianggap sebagai ajang program pertukaran antar generasi dan suatu usaha untuk meningkatkan pemahaman berdemokrasi dan berkewarganegaraan.

    Program ini akan menjadi dasar dari sistem yang akan memfasilitasi program pengembangan model kepemimpinan yang berkelanjutan dan partnership antara sekolah dan masyarakat di Indonesia dan di negara yang menjadi tuan rumah.

    Indonesia Future Leaders Program (IFLP) akan mencakup beberapa kegiatan antara  lain:

    1. Skill Development

    2. Ethic Development

    3. Cross Cultural Communication; Creative and Critical Thinking

    4. Exposure to Community Organization (Social Organization)

    Indonesia Motiv akan memberangkatkan antara 15 – 25 peserta yang akan diberangkatkan ke Amerika antara lain siswa, guru, dan pemuka masyarakat. Lembaga ini meberikan beasiswa parsial sebesar 30% dari Indonenesia Motiv dan 70% dari peserta. Dana tersebut sudah termasuk biaya aplikasi visa, penerbangan domestik yaitu saat proses aplikasi visa dan keberangkatan, penerbangan internasional yaitu Jakarta ke Chicago/DeKalb dan balik ke Jakarta, transport di Amerika, predeparture training, dan program selama di USA.

    Peserta yang mengikuti program ini akan melakukan 2 proyek yaitu membuat proyek yang melibatkan masyarakat sekitar dan menulis semua pengalaman selama berada di Amerika dan mempublishnya di koran lokal dan website peserta. Keberangkatan peserta dilaksanakan pada bulan September atau Oktober setiap tahun. (AK)