• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Lawatan Study Tour Waste Management Association of Malaysia

    Lawatan Study Tour Waste Management Association of Malaysia

    Untuk kesekian kalinya, SMA Plus Negeri 17 Palembang menerima tamu dari Malaysia. Kali ini rombongan Study Tour Waste Management Association Malaysia berkunjung ke Green Campus SMA Plus Negeri 17 Palembang, Sabtu (28/03). Lihat Foto.

    Waste Mnagement Assciation of Malaysia (WMAM) adalah sebuah asosiasi bagi para profesional pengelolaan sampah di Malaysia yang berdiri sejak Maret 2005. WMAM mewakili orang-orang dari berbagai disiplin ilmu, termasuk teknik, hukum, ilmuan dan manajemen.

    WMAM bertugas untuk mempromosikan dan mendorong pemeliharaan layanan pengelolaan sampah di Malaysia dalam hal limbah padat dan cair, klinis dan semua jenis limbah. Hal ini juga mendorong kolaborasi dan kerjasama antara semua pihak yang berkepentingan dan peduli dengan pengelolaan sampah. WMAM adalah organisasi non-profit, organisasi teknis dan pendidikan yang menyediakan sebuah forum di mana semua pandangan dari hal pengelolaan sampah dapat didiskusikan dan bertujuan untuk membangun dan memelihara kontak dengan lokal serta pengelolaan limbah.

    Organisasi ini menjalin kerjasama internasional dengan menyelenggarakan pertemuan, kunjungan teknis, pelatihan, kursus, lokakarya dan seminar tentang isu-isu pengelolaan sampah termasuk perjalanan studi untuk mempromosikan transfer informasi praktis dan ide-ide tentang pengelolaan sampah untuk kepentingan dan kesejahteraan anggotanya.

    Untuk itulah WMAM kali ini berkunjung ke Palembang karena kota ini memiliki prestasi dalam bidang kebersihan dengan dicapainya predikat Kota Terbersih Nasional dan prestasi Adipura Kencana yang merupakan perolehan tertinggi bagi kota yang memiliki kepedulian tentang kebersihan lingkungan. Dan SMA Plus Negeri 17 Palembang sebagai salah satu titik pantau penilaian Adipura menjadi salah satu sasaran dari studi banding WMAM. Bapak Dr. Uzir Bin Abdul Malik sebagai pengetua rombongan dalam sambutannya mengungkapkan kekaguman dan terima kasih atas sambutan hangat warga SMA Plus Negeri 17 Palembang. Tujuan dari lawatan ini beliau ungkapkan ingin melihat kondisi sekolah bersih di Kota Palembang dan melihat program-program apa saja yang mendukung terciptanya sekolah bersih tersebut.

    Bapak Kepala Sekolah memberikan sambutan balik dengan terlebih dahulu menayangkan video profil SMA Plus Negeri 17 Palembang  dan video program-program yang dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah (siswa, guru, karyawan dan kepala sekolah) untuk mendukung terciptanya sekolah bersih dan sehat. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari Malaysia. Lawatan kali ini semakin mempertegas hubungan yang sangat baik antara Indonesia-Malaysia khususnya Kota Palembang dengan Malaysia karena seringnya saling berkunjung antar dua Negara. Dan semakin mempertegas bahwa SMA Plus Negeri 17 Palemabng sebagai salah satu tempat wisata pendidikan.

    Sekolah yang bersih dan sehat tak lepas dari dukungan semua pihak, pemerintah, masyarakat maupun warga sekolah itu sendiri. Piket kelas, program jumat bersih, program Badan Sehat Lingkungan Sehat, Pengelolaan sampah dan pemilahan sampah menjadi ujung tombak terciptanya iklim hidup sehat. Keberhasilah dalam kebersihan dan lingkungan ini terus dilanjutkan dengan keikutsertaan SMA Plus Negeri 17 Palembang untuk meraih prestasi dalam di tingkat nasional yaitu lomba Sekolah Sehat Nasional serta di tingkat internasional dalam ASEAN Eco-School 2015.