• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Ulangan Tengah Semester Genap TP 2014/2015

    Ulangan Tengah Semester Genap TP 2014/2015

    Kegiatan seluruh peserta didik  SMA Plus Negeri 17 Palembang minggu ini adalah menjalani serangkaian Ulangan Tengah Semester Genap TP 2014/2015. Kegiatan yang dijadwalkan mulai hari ini Selasa (24/03) sampai dengan hari sabtu mendatang diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan kelas XI, sementara kelas XII melaksanakan Uji Coba UN keempat dan Pra Ujian Nasionalyang berlangsung sampai hari senin depan.

    Ulangan Tengah Semester (UTS) yang dilaksanakan ini menggunakan dua puluh dua ruang kelas tersebar di Gedung A, Gedung C dan Gedung D.  Sementara untuk Uji Coba UN kelas XII dilaksanakan di delapan ruang kelas Gedung A. UTS merupakan bagian dari kegiatan evaluasi dalam bidang pendidikan yang ada di SMA Plus Negeri 17 Palembang.

    Fungsi evaluasi di dalam pendidikan tidak dapat dilepaskan dari tujuan evaluasi itu sendiri, ialah untuk mendapat data yang menunjukkan sampai di mana tingkat kemampuan dan keberhasilan siswa dalam pencapaian tujuan-tujuan kurikuler selama setengah semester genap ini. Untuk itu dalam arahannya sebelum dimulai UTS pagi tadi, Bapak Kepala Sekolah mengajak seluruh guru yang juga merupakan pengawas ruangan untuk bekerja dengan professional, bekerja keras dan cerdas agar tujuan diadakannya evaluasi ini dapat mencerminkan keberhasilan proses belajar mengajar selama setengah semester ini.

    Dalam kegiatan UTS ini tidak hanya aspek pengetahuannya saja yang ditanamkan kepada peserta didik. Akan tetapi aspek sikap juga harus tetap diutamakan sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Peserta didik harus tetap disiplin waktu masuk dan disiplin dalam mengerjakan soal, jujur, percaya kemampuan diri sendiri, bekerja keras dan cerdas serta pantang menyerah dalam menyelesaikan semua soal yang diberikan.

    Sebelum memulai ulangan, peserta didik diharuskan mempersiapkan ruangan dalam kondisi besih dan rapi, mempersiapkan kartu peserta ujian dan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masng. Peserta didik juga harus cermat dan teliti dalam mengisi lembar jawab komputer yang memang sudah diterapkan selama ini. Harus tepat waktu menyerahkan lembar jawab komputer kepada pengawas ujian sesuai alokasinya.

    Lebih dari itu evaluasi pembelajaran ini juga digunakan untuk keperluan pengembangan dan perbaikan kurikulum. Seperti kita ketahui bahwa SMA Plus Negeri 17 Palembang termasuk sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 untuk siswa kelas X yang mana perlu penyempurnaan dan perbaikan terus menerus serta up to date. Setiap saat guru melaksanakan kegiatan evaluasi dalam rangka menilai keberhasilan belajar siswa dan menilai program pengajaran, yang berarti pula menilai isi atau materi pelajaran yang terdapat di dalam kurikulum.