• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Persiapan Akhir Tim OSK Tahun 2015

    Persiapan Akhir Tim OSK Tahun 2015

    Hari ini, Selasa (10/02) bertempat di Masjid Baabul Ilmi dan Aula Gedung B SMA Plus Negeri 17 Palembang dilaksanakan kegiatan persiapan akhir menghadapi Seleksi Olimpiade Sain tingkat Kota (OSK) dengan mengadakan doa bersama dan mendengarkan arahan/bimbingan Bapak Kepala Sekolah. Kegiatan ini diadakan sehubungan dengan akan dilaksanakannya Seleksi OSK besok pagi, Rabu (11/02) bertempat di SMK Negeri 2 Palembang.

    Sebanyak seratus tujuh belas peserta didik kelas X dan XI SMA Plus Negeri 17 Palembang akan mengikuti seleksi Olimpiade Sains Tingkat Kota Palembang Tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Menengah Kemendikbud c.q. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Palembang pada hari Rabu (11/02) bertempat di SMK Negeri 2 Palembang. Berbagai persiapan menghadapi even tahunan ini sudah sejak bulan September 2014 dilaksanakan dari mulai seleksi tingkat sekolah, pembinaan rutin, pembinaan intensif, try out dan lain sebagainya.

    Olimpiade Sain merupakan salah satu program yang setiap tahun diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah Olimpiade Sains Nasional (OSN). Tujuan dilaksanakannya OSN adalah untuk untuk menumbuhkembangkan minat, bakat, dan kecintaan para siswa akan ilmu pengetahuan dan teknologi. OSN juga diselenggarakan dengan tujuan untuk memilih para kandidat terbaik yang akan diikutsertakan pada berbagai ajang lomba sains tingkat internasional yang secara konsisten diikuti oleh Indonesia.

    OSN diselenggarakan melalui serangkaian proses seleksi yang dilakukan secara berjenjang dari mulai tingkat sekolah, kabupaten/kota, tingkat porvinsi hingga tingkat nasional. Pada tahun 2015, bidang keilmuan yang dilombakan dalam ajang OSN meliputi: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/komputer, Biologi, Kebumian, Geografi, Astronomi, dan Ekonomi.

    Persiapan Tim Olimpiade Sains SMA Plus Negeri 17 Palembang untuk mengikuti Olimpiade Sains tingkat Kota (OSK) ini diharapkan dapat menghasilkan wakil sekolah di jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu Olimpiade Sain tingkat Propinsi (OSP) ataupun tingkat Nasional (OSN). Dalam kata sambutan sekaligus pembinaan tadi pagi, Bapak Kepala Sekolah berpesan kepada peserta seleksi OSK agar mempersiapkan sungguh-sungguh baik fisik maupun mental dengan bekal pembinaan yang sudah didapat dari bapak/ibu pembimbing tiap cabang olimpiade. Tetap rendah hati dan jangan pernah sombong/takabur karena ilmu pengetahuan itu milik Allah, maka doa untuk diberikan kemudahan dan kelancaran harus tetap terus dilakukan. Selanjutnya beliau memberikan motivasi agar para peserta seleksi jangan merasa pesimis, selalu tanamkan mental juara dan selalu ingin jadi yang terbaik, dan percaya diri. Orang yang berilmu dan berprestasi kelak akan mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

    Persiapan akhir hari ini ditandai dengan bersama-sama berdoa untuk kelancaran kegiatan esok hari dengan membaca surat yasin di Masjid Baabul Ilmi oleh Bapak Kepala Sekolah, Guru-guru pembimbing, dan seluruh peserta didik yang akan melakukan seleksi. Dengan demikian diharapkan persiapan ini memperoleh keridhoan dari Allah SWT, kelancaran dan hasil yang memuaskan pada pelaksanaan seleksi OSK 2015 ini.