• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Pemeriksaan Kesehatan Berkala oleh Puskesmas Sosial

    Pemeriksaan Kesehatan Berkala oleh Puskesmas Sosial

    Pagi tadi, Selasa (21/10) diadakan kegiatan  pemeriksaan kesehatan berkala dipusatkan di ruang UKS. Program ini merupakan bagian dari kerjasama SMA Plus Negeri 17 Palembang dengan Puskesmas Sosial Palembang untuk melayani masyarakat sekolah dalam hal kesehatan.

    Petugas dari Puskesmas Sosial berbagi tugas untuk memeriksa tentang sanitasi lingkungan sekolah, memeriksa makanan dan layanan di kantin sekolah, dan pemeriksaan kesehatan peserta didik. Dibantu oleh Kader Kesehatan Sekolah (KKR) dan petugas UKS SMA Plus Negeri 17 Palembang, pihak Puskesmas Sosial dengan teliti dan seksama memeriksa setiap aspek yang dinilai mengenai kesehatan yang perlu dibenahi ataupun yang sudah baik untuk ditingkatkan terutama di bidang sanitasi dan kantin. Sementara untuk pemeriksaan kesehatan diperoleh beberapa  peseta didik untuk direkomendasikan obat yang harus dikonsumsi karena adanya gangguan pernapasan. Dimungkinkan karena beberapa minggu ini Kota Palembang dilanda kabut asap.

    Setelah melakukan pemeriksaan, petugas dari Puskesmas Sosial memberikan informasi singkat terutama ajakan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat melalui penyuluhan  Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah wujud keberdayaan masyarakat yang sadar, mau dan mampu mempraktekkan PHBS. Sedangkan penyuluhan PHBS merupakan upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat terutama masyarakat sekolah, dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan edukasi, untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku hidup sehat. Contoh PHBS Bidang kebersihan perorangan, seperti cuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun, mandi minimal 2 kali sehari. Bidang Gizi, seperti makan buah dan sayur tiap hari, mengkonsumsi garam beryodium, menimbang berat badan (BB) dan tinggi badan (TB) setiap 6 bulan. Bidang Kesehatan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menggunakan jamban, memberantas jentik dan sebagainya.