• principal@sman17plg.sch.id
  • Jl. Mayor Zurbi Bustan, Lebong Siarang Palembang
  • 08112999117
  • Workshop Jurnalisme Lingkungan Bersama Mongabay Indonesia

    Workshop Jurnalisme Lingkungan Bersama Mongabay Indonesia

    Sekitar 40 peserta didik SMA Plus Negeri 17 Palembang, Jumat (22/08) mengikuti workshop “Jurnalisme Lingkungan Setapak Goes to School” yang diselenggarakan Mongabay Indonesia bekerja sama dengan SMA Plus Negeri 17 Palembang, Walhi, Green Radio dan The Asia Foundation (TAF). Kegiatan ini berlangsung sehari dan diikuti oleh perwakilan peserta didik dari Duta Cinta Lingkungan dan ektrakurikuler Focus.

    Kegiatan yang diadakan di Aula Gedung B ini dibuka langsung oleh Bapak Kepala Sekolah berlangsung lancar dan para peserta didik terlihat antusias mengikuti, mendengarkan, hingga mengajukan beberapa pertanyaan seputar materi yang telah di paparkan narasumber dari Mongabay Indonesia. Memang sebagai bagian orang yang terdidik, pelajar harus memiliki kemampuan mengembangkan potensi jurnalistiknya. Dan salah satunya adalah skill dalam mengelola tulisan sehingga dapat dibaca oleh banyak orang dan harapannya adalah tulisan yang peka terhadap lingkungannya.

    Hal ini dikaitkan dengan kondisi lingkungan saat ini yang semakin memprihatinkan. Minimal peserta workshop bisa melakukan kampanye penyelamatan lingkungan melalui tulisannya, baik di media massa, jejaring sosial maupun media lainnya. Seperti yang dilakukan oleh Mongabay Indonesia yang gencar menyuarakan kampanye penyelamatan lingkungan hidup di http://www.mongabay.co.id/

    Kegiatan ini juga mendukung sekali bagi SMA Plus Negeri 17 Palembang yang merupakan sekolah adiwiyata mandiri, dimana dalam setiap gerak langkah semua warganya harus berbudaya dan berkarakter cinta lingkungan. Selain itu, seluruh warga sekolah termasuk peserta didik diwajibkan mengajak masyarakat untuk peduli dan melesktarikan lingkungan hidup. Di sinilah peran jurnalistik lingkungan memberikan sumbangsihnya kepada kelstarian alam dan lingkungannya. Semoga kegiatan ini dapat menggugah insan-insan peduli lingkungan untuk lebih berperan aktif menyelamatkan bumi tercinta.